Bangun Pabrik di Indonesia, Lampu LED Ini Lebih Hemat 60 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Bangun Pabrik di Indonesia, Lampu LED Ini Lebih Hemat 60 Persen

FAJAR.CO.ID — PT Infinity Light Indonesia (ILI) sukses membuka pabrik di Indonesia. Pabrik dibangun di kawasan Industri Cikupa Mas, Tangerang, Banten.
Lampu hemat energi jenis dioda emisi cahaya (light-emitting diode-LED) yang akan mereka pasarakan dijamin hemat 60 persen ketimbang lampu biasa.

Direktur PT Infinity Light Indonesia, Andi Debbi Yudhista Asapa, menjelaskan pabrik ini merupakan line pertama dari lima line yang akan dibangun pada tahun ini dengan nilai investasi masing-masing Rp 60 miliar hingga Rp100 miliar. Hasil patungan patungan pengusaha Indonesia dan pengusaha Tiongkok.
“Kami punya target sampai 50 line dalam lima tahun ke depan,” ujarnya melalui siaran pers.

Rencananya, pabrik ini akan memproduksi 600 jenis lampu untuk kebutuhan dalam maupun luar ruang. Serapan tenaga kerja berkisar 1.000 orang untuk 5 line yang akan beroperasi tahun ini.

Ketua DPR RI, Setya Novanto usai meresmikan pabrik berharap pabrik ini dapat mengurangi angka impor lampu LED dan mendorong produk lokal menjadi pemain utama dalam industri dalam negeri.

Novanto mengapresiasi PT Infinity Light Indonesia karena menyediakan lapangan pekerjaan baru untuk menekan angka penggangguran yang berimbas pada pertumbuhan ekonomi. Dia mengatakan pertumbuhan ekonomi tahun 2015 lebih lambat dibandingkan tahun sebelumnya. Langkah perusahaan ini membuka pabrik di Indonesia dinilai ikut menunjang program pemerintah untuk membangun infrastruktur yang bisa menyerap tenaga kerja.

Menurut dia, potensi pasar lampu LED saat ini masih besar. Namun dia menyayangkan tingginya harga jual lampu-lampu LED yang beredar di pasaran. Dia berharap pembukaan pabrik ini mampu menekan harga jual hingga 30-40 persen karena banyak menggunakan kompenen lokal.

Novanto berharap tersedianya lampu LED yang terjangkau untuk semua kalangan, terutama menengah ke bawah, mampu memberi sumbangan positif pada bangsa ini. Mengingat potensi pasar kelas menengah ke bawah yang besar namun daya daya beli rendah, maka tak sedikit dari mereka yang belum memanfaatkan keunggulan lampu LED. Novanto berharap semakin banyak masyarakat yang menggunakan lampu LED karena diyakini lebih banyak menghemat listrik.

Peresmian ditandai pendatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Ketua DPR RI, Setya Novanto, akhir pekan lalu, dan jajaran direksi PT. Infinity Light Indonesia, pekan lalu. Peresmian dihadiri Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar dan Kapolda Banten Boy Rafli Amar. (rls)

loading...
Click to comment
To Top