Dewan Pers Kemukakan Alasan Tolak SE Kapolri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Dewan Pers Kemukakan Alasan Tolak SE Kapolri

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Penolakan yang dilakukan Dewan Pers terhadap surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Kapolri Jenderal Badrodin Haiti soal ujaran kebencian atau Hate Speech bukan tanpa alasan. Meskipun Kapolri memastikan tidak akan berhubungan langsung.

Jimmy Silalahi salah satu anggota dewan pers mengatakan, pihaknya tidak yakin antara pimpinan Polri dengan anak buah yang ada di daerah bisa sepaham dan sependapat soal SE ini. “Yang menjalankan (SE) pasti para anggota di daerah, polisi inikan manusia jadi pastilah ada ketidaksepahaman,”  ucapnya.

Menurutnya, bisa saja dengan mudah polisi di daerah memproses hukum media massa setempat lantaran di dalam SE ada poin mencantumkan media massa. “Kalau toh ini kembali lagi ke konstruksi hukum pers untuk apa ada kata-kata media massa. Khusus untuk pers sudah ada dewan pers, percayakan saja kepada dewan pers,” sambungnya.

Sehingga dewan pers meminta sebelum diberlakukan, SE itu harus dihilangkan dulu kata-kata media massanya, karena secara tidak langsung juga akan berpengaruh bagi psikologis para jurnalis.

Sekali lagi Jimmy menegaskan, pihaknya sangat tidak setuju SE itu  memuat kata media massa. “Sekarang siapa yang akan menjamin SE ini tanpa implikasi. Kalau ada yang berani menjamin itu luar biasa,” tukasnya. (elf/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top