Di Sirkuit Lorenzo Boleh Beruntung, Tapi Penghasilan? Maaf, Rossi Menang Jauh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Di Sirkuit Lorenzo Boleh Beruntung, Tapi Penghasilan? Maaf, Rossi Menang Jauh

FAJAR.CO.ID- Lorenzo boleh berbangga hati jika rival setimnya, Valentino Rossi,  berada diposisi kurang menguntungkan dalam perebutan gelar juara dunia Motor GP 2015. Meski masih unggul dalam klasemen, tapi peluang Rossi tipis karena harus mengawali start di Valencia dari posisi paling buncit.

Namun soal balapan Lorenzo boleh berbangga, tapi soal gaji, kalah jauh. Rossi mendapatkan gaji tertinggi dari Lorezo meski keduanya sama-sama dari tim movestar.

Pada tahun 2007 lalu, Majalah bisnis, Forbes menempatkan rosi dalam 100 atlet dengan gaji tertinggi di dunia. Rossi diperkirakan memiliki penghasilan real sebesar USD35 juta ata setara dengan Rp495 miliar.

Dua musim di Yamaha, Rossi sudah mengantongi pendapatan sebesar USD 10 juta atau setara Rp 140 miliar. Pendapatan itu makin besar setelah ditambah kontrak dari sponsor yang nominalnya mencapai USD 8 juta atau Rp 112 miliar.

Hanya saja, pendapatan Rossi bersama tim Garputala berkurang dibanding periode pertama lalu. Selama 6 tahun memperkuat Yamaha musim 2004-2010, The Doctor digaji USD 12 juta atau senilai Rp 169 miliar.

Penghasilan ini berbanding terbalik dengan Lorenzo. Dia hanya mengantongi Rp 96 miliar per-tahun setelah memperpanjang kontrak dua musim dengan Yamaha. Nilai sponsornya pun masih kalah jauh dengan Rossi. Lorenzo hanya mengantongi USD 2 juta (Rp 28 miliar) dari sponsor.

Soal gaji, Lorenzo pun harus mengakui keunggulan kompatriotnya, Marc Marquez. Si Baby Alien penunggang Repsol Honda ini memiliki pendapatan yang sama dengan Rossi. Namun, soal kucuran dana sponsor, Marquez kalah jauh dari Rossi dan berbanding tipis dengan Lorenzo. Si Rider 93 ini cuma mampu meraup USD 1 juta (Rp 14 miliar).

Sedangkan, Dani Pedrosa hanya mengantongi USD 2,5 juta atau Rp 35 miliar selama dua musim bergabung di Yamaha. Dan, rider Ducati, Andrea Dovizioso yang mengantongi kontrak hingga 2015 mengantongi pendapatan USD 1 juta (Rp 14 miliar). Dovi melengkapi daftar format lima besar rider MotoGP dengan bayaran mahal pada 2015. (FO)

Click to comment
To Top