Lima Makanan yang Perlu Dihindari Saat Hamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Lima Makanan yang Perlu Dihindari Saat Hamil

FAJAR.CO.ID – Wanita yang sedang mengandung membutuhkan sedikitnya 300 kalori tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian. Anda yang sedang hamil tidak boleh asal-asalan mengonsumsi bahan makanan jika ingin terjaga kondisinya.

Seperti dilansir dalam laman justmommies.com, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat hamil :

Ikan dan Daging Mentah
Ikan mentah atau daging sapi, kambing, atau ayam yang dimasak setengah matang harus Anda hindari selama hamil sebab makanan-makanan ini memiliki resiko terkontaminasi bakteri, toxoplasma dan salmonella.

Ikan dengan Merkuri
Merkuri yang dikonsumsi selama kehamilan telah terbukti erat kaitannya dengan terlambatnya proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan serta kerusakan otak janin. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi seperti hiu, king makerel, sworffish dan tilefish.

Alkohol
Jika Anda merupakan penikmat wine, sayang sekali Anda harus berhenti mengonsumsinya segera saat Anda mengetahui kehamilan Anda. Sebab, paparan alkohol selama  masa prenatal telah terbukti berkaitan erat dengan kelahiran prematur, gangguan mental pada bayi, serta kelahiran bayi berberat badan rendah.

Kafein
Konsumsi kafein dalam jumlah sedang tidak lebih dari 200 mg per hari memang diperbolehkan. Tapi, ada baiknya Anda menghindari konsumsi kafein ini selama trisemester pertama kehamilan untuk mengurangi resiko keguguran. Selain itu, pastikan Anda cukup mengonsumsi air mineral, jus buah dan sayur, serta susu sebagai gantinya.

Telur Mentah
Konsumsi telur mentah harus dihindari selama masa kehamilan sebab telur mentah rawan akan paparan kontaminasi salmonella. Mayonaise, Es Krim rumahan, serta Saus Holanda mungkin dibuat dengan menggunakan telur mentah. Cek ulang sebelum Anda mengonsumsinya.

Click to comment
To Top