Tjahjo : Reshuffle Murni Evaluasi Presiden! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Tjahjo : Reshuffle Murni Evaluasi Presiden!

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa sejak awal partai politik yang mendukung Presiden Joko Widodo memberikan dukungan tanpa pamrih.

Politisi PDIP itu menegaskan tidak ada ketentuan siapa mendapat apa. Sehingga, semua yang keluar atau masuk kabinet adalah murni hasil evaluasi Presiden.

“Dulu semua parpol mendukung Jokowi tanpa kontrak. Jadi reshuffle itu murni evaluasi pak Presiden,” kata Tjahjo kepada wartawan, Minggu (8/11).

Evaluasi yang dilakukan Jokowi terhadap para pembantunya, lanjut Tjanjo, sifatnya menyeluruh tanpa pandang bulu. Salah satunya dibuktikan lewat rapat terbatas rutin, dimana Jokowi selalu mengingatkan soal garis-garis kebijakan. Makanya, kata Tjahjo ketika, ada menteri yang menyimpang akan selalu kena teguran.

Tjahjo sendiri pun membeberkan sering menerima arahan dari Presiden melalui telepon. Kunjungannya ke sejumlah titik di daerah-daerah terluar Indonesia juga selalu mengikuti arahan Presiden.

“Mungkin beliau juga menelepon semua menteri juga,” ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Namun demikian, Tjahjo enggan membeberkan siapa saja yang sudah masuk untuk direshuflle, termasuk soal waktu pengumumuman perombakan. Menjawab diplomatis, Tjahjo mengatakan semuanya boleh memasukkan nama, asal sesuai penilaian Presiden. “Semua masuk enggak apa-apa,” demikian Tjahjo

Sebelumnya, kabar tentang perombakan Kabinet Kerja jilid dua semakin panas menjadi pembahasan. Nama seperti Jaksa Agung, HM Prasetyo atau Menteri BUMN Rini Soemarno pun disebut-sebut masuk kedalam pusaran perombakan kabinet yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.(rus/JPG)

loading...
Click to comment
To Top