Astaga! Kasus HIV/AIDS di Daerah Ini Sangat Tinggi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Astaga! Kasus HIV/AIDS di Daerah Ini Sangat Tinggi

FAJAR.CO.ID, INDRAMAYU – Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Indramayu benar-benar tinggi. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Yadi Hidayat SKM MKM mengatakan, jumlah kasus HIV/AIDS di daerahnya secara komulatif dari 1993 hingga Agustus 2015 mencapai 1.908 kasus.

Jumlah itu menjadikan Indramayu sebagai peingkat kedua setelah Bandung. Sedangkan data komulatif untuk jumlah korban yang meninggal mencaai 200 warga pada 2014 lalu.

“Penyebab atau penularan tertinggi di Kabupaten Indramayu adalah melalui hubungan seksual. Hal ini juga berdampak terhadap tingginya angka kematian ibu dan bayi, terutama angka kematian bayi di Indramayu,” terang Yadi.

Yadi juga mengaku terkejut karena 60 persen ibu hamil yang diperiksa ternyata menderita infeksi menular seksual (IMS). Namun, setelah melalui pengobatan, angka kematian bayi bisa ditekan secara drastis.

“Jadi, pemeriksaan ibu hamil secara rutin memang sangat penting, untuk mengetahui kondisi ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Hal ini juga sejalan dengan upaya pemkab untuk menekan angka kematian ibu dan bayi,” tegas Yadi. (oet/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top