Ijazah 34 Orang PNS Kabupaten Bombana Diduga Palsu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ijazah 34 Orang PNS Kabupaten Bombana Diduga Palsu

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Jumlah pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkab Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang diduga berijazah palsu mulai teridentifikasi. Sedikitnya 34 PNS teridentifikasi berijazah abal-abal.

Informasi sebelumnya, pegawai yang mengantongi ijazah abal-abal sebanyak ratusan orang. Setelah dikroscek, yang tidak diakui legalitas ijazahnya oleh universitas tempat pegawai menuntut ilmu hanya 34 orang.

Data yang didapat Kendari Pos (Fajar.co.id Group) dari sekretariat daerah maupun di BKD Bombana menyebutkan, satu di antara 34 PNS berijazah bodong tersebut masih menduduki jabatan eselon dua.

Kemudian 16 orang lainnya merupakan pejabat eselon tiga, empat. Bahkan ada yang menjabat sebagai tenaga fungsional.

Nama-nama mahasiswa yang diduga fiktif ini dimuat dalam surat bernomor 31361/UN31.12.2/KM/2015 tertanggal 21 September 2015 dan ditujukan kepada Bupati Bombana.

Surat bersifat rahasia dengan perihal konfirmasi keabsahan ijazah aparatur Pemkab Bombana tidak hanya merinci 34 nama-nama itu, namun juga memuat nomor induk serta keterangan perkuliahan mereka.

Hasil konfirmasi dari universitas tersebut menyebutkan, dari 34 nama ini, hanya satu yang tercatat sebagai mahasiswa berstatus aktif. Sementara 15 lainnya tertera sebagai mahasiswa tapi dengan status nonaktif. Kemudian satu lainnya tidak diketahui statusnya karena tanpa NIM dan nomor ijazah.

[NEXT-FAJAR]

Kepala BKD Bombana, Rusman mengakui adanya surat klarifikasi yang diterima dari salah satu universitas di Sulawesi Utara. “Surat tersebut merupakan hasil jawaban klarifikasi dari surat yang kami kirim sebelumnya,” katanya.

Namun, Rusman belum memberikan bocoran nama-nama PNS yang disinyalir mengantongi ijazah tidak sesuai prosedur. Alasannya, dia akan melakukan kroscek kembali dengan PNS yang nama-namanya tercantum dalam surat balasan yang ditujukan kepada Bupati Bombana.

Adanya kasus dugaan PNS berijazah palsu ramai menjadi buah bibir dan perbincangan banyak orang. Sejumlah pegawai yang teridentifikasi juga sudah diperiksan petugas dari Polda Sulawesi Utara. (Nur/b/hsn/JPG)

loading...
Click to comment
To Top