Ini Dia 100 Program Inovasi yang Diterbitkan Pemkot Makassar Saat HUT ke-408 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Dia 100 Program Inovasi yang Diterbitkan Pemkot Makassar Saat HUT ke-408

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--Tim Ahli Pendamping SKPD Bidang Kinerja Pemkot Makassar mempersembahkan 100 program inovasi dalam HUT Kota Makassar yang ke – 408 tahun, Senin 9 November 2015 ini. 100 program inovasi itu adalah berisi berbagai terobosan cerdas dari semua SKPD dijajaran Pemkot Makassar.

Koordinator Tim Kinerja, Nurmal Idrus, menyampaikan program inovasi itu adalah hasil dari inisiasi dan konsultansi yang dilakukan timnya selama hampir setahun terakhir ini. “Kita mulai inisiasi pada Januari 2015. Alhamdulillah, hari ini kita dapat hasilnya. Progam itu meliputi inovasi pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat dan tata kelola pemerintahan,” kata mantan Ketua KPU Makassar yang kini jadi konsultan politik dan manajemen itu.

Menurutnya, kemunculan program-program itu adalah bukti bahwa kualitas pimpinan SKPD yang selama ini diragukan sebenarnya tak selamanya benar. “Selama ini mereka hanya tak ada yang memacu. Kita ciptakan iklim kompetisi dan membuka cakrawala berpikir mereka tentang begitu banyaknya terobosan yang dilakukan,” tambahnya.

Menariknya, lebih dari setengah dari program itu adalah progaram terobosan yang sama sekali tak menggunakan uang rakyat untuk menjalankannya. “Lihatlah program weekend service di Badan Perizinan. Staf di sana rela buka kantor sabtu dan minggu tanpa adanya insentif tambahan untuk tahun ini,” tuturnya.

Untuk menjaga kesinambungan program, Nurmal dan tim surveyornya akan terus melakukan pemantauan dan penndampingan atas program itu. “Kami menjaga terus kelangsungan program dengan mengevaluasinya setiap bulan dan pada tiap triwulan kami melaporkannya langsung ke walikota. Kami juga menghitung output, putcome dan impact nya kepada masyarakat,” tukasnya.(rls/FAJARONLINE)

Click to comment
To Top