BPBD Kabupaten Enrekang Aktif Sosialisasi di Enam Sekolah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

BPBD Kabupaten Enrekang Aktif Sosialisasi di Enam Sekolah

FAJAR.CO.ID, ENREKANG — Mencegah dan mengurangi dampak yang lebih besar risiko yang ditimbulkan dari kejadian bencana di Kabupaten Enrekang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Enrekang melalui bidang pencegahan dan kesiapsiagaan aktif melakukan sosialisasi penanggulangan bencana, yang sasaranya adalah para pelajar di sekolah lanjutan tingkat pertama.

Sosialisasi penanggulangan bencana di tingkat SLTP tahun 2015 ini dilaksanakan di enam sekolah di enam kecamatan, mulai tanggal 9 Nopember dan berakhir 17 Nopember. Keenam sekolah tersebut adalah SMP 1 Maronagin, SMPN 5 Kabere, SMPN 7 Penja, SMPN 4 Cakke, SMPN 1 Baraka dan SMPN 1 Belajen.

Sebenarnya, sosialisasi penanggulangan bencana di sekolah-sekolah yang dilaksanakan BPBD Kabupaten Enrekang sudah masuk tahun ketiga. Sebelumnya, pada tahun 2013 dan 2014, kegiatan ini dilaksanakan pada tingkat sekolah menengah lanjutan atas (SMU).

“Tapi, tahun ini kita mulai di tingkat sekolah lanjutan pertama. Dan SMP 1 Maroangin adalah sekolah pertama yang kami datangi,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagan, Abdul Rahman Waris, Selasa 10 November.

Menurut Rahman Waris, selain untuk mengenalkan para pelajar bagaimana cara penanggulangan bencana secara dini, sosialisasi dimaksudkan untuk mengawali pelaksanaan program sekolah siaga bencana (SSB) yang akan dibentuk di Kabupaten Enrekang.

“Ke depan kita akan membentuk sekolah siaga bencana. Mudah-mudahan SMP 1 Maroangin menjadi salah satu sekolah yang terpilih sebagai sekolah siaga bencana di Kabupaten Enrekang,” jelas Abdul Rahman Waris saat membawakan materi yang disambut tepuk tangan puluhan siswa-siswi SMP 1 Maroangin.

Pada kesempatan tersebut, Abdul Rahman Waris membawakan materi dengan judul Peran BPBD dalam Penanggulangan Bencana di Daerah.

Selama pelaksanaan sosialisasi tersebut BPBD Kabupaten Enrekang bekerjasama dengan instansi terkait seperti Kodim 1419 Enrekang, Polres Enrekang, Dinas Sosial dan Dinas Kehutan. Keempat instansi itu secara bergantian memberikan materi tentang penanggulangan bencana.(Yusriadi/Dwiyani Prihatin)

loading...
Click to comment
To Top