Daerah Lain Bisa Punya PTN, Bontang Kenapa Tidak Bisa? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Daerah Lain Bisa Punya PTN, Bontang Kenapa Tidak Bisa?

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Sebagai kota dengan APBD yang cukup besar, Kota Bontang seharusnya bisa punya Perguruan Tinggi Negeri. Hal ini mendorong Ketua Fraksi Nasdem DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang mengusulkan Pemkot mewacanakan membangun perguruan tinggi negeri di Bontang.

“Bontang ini (seharusnya—red) mampu mendirikan perguruan tinggi negeri. Toh di daerah-daerah lain yang minim PAD dan dana perimbangan mampu mendirikan. Kenapa di Bontang tidak bisa?” tanya Bakhtiar, belum lama ini, seperti dilansir Bontang Post (Jawa Pos Grup).

(Baca juga: Tolong… DBD Sudah Telan 22 Nyawa di Balikpapan)

(Baca juga: Masyarakat Butuh Bantuan Seragam Sekolah Gratis)

Padahal, sambungnya, jika Bontang punya PTN, itu bisa menjadi upaya meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mandiri. Gara-gara tidak punya PTN, selama ini lulusan SMA sederajat di Bontang harus pergi ke luar daerah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Bakhtiar berharap ada universitas negeri yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Bontang terkait peningkatan SDM yang mandiri. Apalagi, Bontang merupakan kota Industri yang setiap waktu terus berkembang, seiring dengan perkembangan pengetahuan teknologi modern. Keuntungan lain jika terdapat PTN di Bontang, sambungnya, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelajar dari daerah lain belajar di Bontang.

“Kalau di Bontang ada PTN, banyak orang dari luar daerah yang datang ke Bontang. Imbasnya perekonomian di Bontang menjadi lebih hidup,” ujarnya. (*)

loading...
Click to comment
To Top