Beli Rokok Pakai Duit Palsu, Dua Pemuda Ditangkap Warga di Temanggung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Beli Rokok Pakai Duit Palsu, Dua Pemuda Ditangkap Warga di Temanggung

TEMANGGUNG – Karena membeli rokok dengan uang palsu (upal), dua pemuda asal Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung, kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Temanggung. Kedua tersangka diduga juga merupakan pengedar upal di wilayah Temanggung, pasalnya polisi juga menemukan belasan lembar upal pecahan 50 ribuan.

Wakapolres Temanggung, Kompol Vincet Asmoro, mengukapkan kedua tersangka tersebut yaitu NH (18) dan Ms (23), warga Desa Kembangsari, Kecamatan Kandangan. Keduanya ditangkap warga hari Senin malam (9/11) setelah ketahuan memakai upal untuk membeli rokok.
“Dua pelaku ini sudah memcoba beberapa kali membeli di warung kelontong di daerah kandangan, namun saat membeli rokok sang pemilik warung curiga. Benar saja setelah dicek uang 50 ribuan ternyata palsu, sang pemilik warung dan warga kemudian mengejar dan menangkap keduanya,” terangnya Rabu (11/11).
Wakapolres menambahkan untuk menghindari amuk massa keduanya diamankan di rumah milik kadus. Di tempat tersebut kedua pelaku mengaku masih memiliki belasan lebar upal pecahan 50 ribuan yang belum dipotong-potong.
“Total kami amankan 17 lembar pecahan 50 ribuan senilai 3,5 juta. Selain upal, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti, satu unit sepeda motor, dua ponsel, dua bungkus rokok,” katanya.
Sekilas uang palsu pecahan Rp 50 ribu itu memang mirip dengan uang asli, termasuk ada pita hologram dan braille. Hanya saja, semua nomor serinya sama, yakni DyH210309. Polisi juga masih melakukan pendalaman terkait kasus ini karena kuat dugaan keduanya juga ikut mencetak uang tersebut.
Bila terbukti membuat dan mengedarkan NH dan Ms bakal dijerat Pasal 36 ayat 3 UU nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp50 juta. (din)

Click to comment
To Top