Beritakan Kasus Salim Kancil, Wartawan Diancam akan Dibunuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Beritakan Kasus Salim Kancil, Wartawan Diancam akan Dibunuh

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Polemik yang terjadi di Lumajang, Jawa Timur seolah-olah tak pernah usai. Bahkan merembet ke sejumlah wartawan yang dikabarkan mendapat ancaman pembunuhan lantaran memberitakan kasus tambang ilegal dan pembunuhan aktivis tambang Salim Kancil.

Mereka adalah wartawan TV One, Wawan Sugiarto, wartawan Kompas TV, Abdul Rohman dan wartawan Jak TV Ahmad Arifullin. Ketiganya diancam melalui pesan singkat. Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, pihaknya telah mengamankan satu orang terduga pelaku. Namun, pelaku tidak ditahan lantaran belum cukup bukti.

“Pelaku satu orang, tetapi tidak ditahan karena belum cukup bukti. Memang ada indikasi dari handphone yang bersangkutan. Tapi (pesan) dari pesan di handphonenya sudah dihapus sehingga memerlukan bukti dan saksi yang lebih kuat,” kata Anton saat dihubungi kemarin (10/11).

Mabes Polri yakin penyidik Polda Jawa Timur tetap akan memproses kasus. Anton pun mengimbau kepada para jurnalis untuk tidak takut menjalankan aktivitas jurnalistiknya. “Kalau ada (wartawan) yang diancam, lapor saja kepada Polri, maka Polri akan membackup bahkan mengamankan. Tidak usah takut,” ucap jenderal bintang satu ini.

[baca juga: Polri Siap Amankan Wartawan yang Diancam!]

Saat ditanya siapa inisial terduga pelaku yang diamankan, Anton enggan menyebutkan karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya, beberapa hari terakhir, polisi menempatkan personelnya di rumah Ahmad Arif, wartawan JTV yang mendapat teror ancaman pembunuhan oleh orang tidak dikenal. Ancaman serupa juga diterima Abdul Rahman dari Kompas TV dan Wawan Sugiharto dari TV One. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top