Dua Restoran Bakso di Tarakan Terbukti Mengandung DNA Babi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Dua Restoran Bakso di Tarakan Terbukti Mengandung DNA Babi

FAJAR.CO.ID, TARAKAN – Dua restoran bakso di Kota Tarakan, Kalimantan Timur terbukti positif mengandung DeoxyriboNucleic Acid (DNA) babi. Hal itu dirilis Wakil Ketua I Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan Syamsi Sarman saat jumpa media, Selasa(10/11).

“Satu di Jalan Yos Sudarso berinisial ‘A’, satunya di Jalan Jenderal Sudirman, berinisial ‘N’,” kata Syamsi seperti yang dikutip Radar Tarakan (Jawa Pos Group).

Menurutnya, temuan itu berdasarkan hasil uji sampel makanan Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan Disnaktan Kota Tarakan di laboratorium Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) di Samarinda dua pekan lalu.

Kabar hasil pemeriksaan tersebut sudah diterima MUI pada 4 November lalu. Namun baru dibeberkan ke publik Selasa (10/11). Pihaknya mengaku tidak mengetahui secara teknis, apakah bakso tersebut mengandung daging babi atau menggunakan minyak babi.

“Dalam penelitian yang diperiksa DNA-nya, bisa saja dari lemak atau zat-zat lain dalam babi. Karena secara teknis MUI tidak bisa melihat apanya yang tercampur. Yang jelas dari uji DNA telah positif mengandung DNA-Babi,” tegasnya.

Syamsi mengatakan, saat proses pengambilan sampel tersebut, tidak dilakukan secara formal. Tim pemeriksa dari dinas terkait datang sebagai pembeli dan tidak memberi tahu pedagang.

“Jadi tim berpura-pura membeli. Ini rutin dilakukan tiap tiga bulan, dan baru kali ini didapati dua warung makan positif menggunakan DNA babi,” ujarnya.

Pada saat uji sampel, ada sekitar 20 pedagang bakso di Tarakan yang diambil sampelnya secara acak. Meski data awal menyatakan positif, MUI Tarakan enggan memvonis bahwa dua warung ini benar-benar menggunakan unsur babi.

“Kami tidak bisa memvonis, bisa saja tidak sengaja atau tidak tahu, sehingga akan ditelusuri. Bisa saja tercemar dari penggilinganya atau faktor lain. Yang jelas akan kami panggil yang bersangkutan,” ulasnya.(dsh/ash/hsn/JPG)

loading...
Click to comment
To Top