Pemerintah Pulangkan 450 WNI dari Arab Saudi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Pemerintah Pulangkan 450 WNI dari Arab Saudi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia  memulangkan 450 warga negara Indonesia dari Jeddah, Arab Saudi. Mereka adalah WNI yang overstayer dan TKI Undocumented di negara tersebut.

“Mereka diperkirakan akan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, hari ini, Rabu (11/11),” ujar Direktur Perlindungan WNI Kemenlu Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Rabu.

Menurut Iqbal pemulangan tersebut akan dibagi dalam dua kelompok terbang. Pertama penerbangan untuk 320 orang dengan pesawat khusus AirAsia Extra (IAAX) XT 2994 ETA. Sedang sisanya dengan penerbangan Emirates EK 356 ETA pukul 15:40 WIB.

“Pemulangan ini adalah bagian dari Program Pemulangan WNIO/TKIU 2015 yang telah dicanangkan oleh Presiden RI pada 17 Desember 2014 dan dipercepat pelaksanaannya sejak awal September 2015,” imbuh Iqbal.

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, 450 orang itu, lanjut Iqbal, akan disambut para pejabat dari kementerian dan lembaga terkait untuk menyampaikan arahan edukatif. Harapannya agar mereka tidak mengulangi pelanggaran keimigrasian.

“Selanjutnya para WNIO/TKIU tersebut diserahterimakan oleh Kemenlu RI ke BNP2TKI untuk dilakukan pendataan dan diberikan fasilitasi pemulangan hingga ke daerah asalnya,” lanjut Iqbal.‎

Para WNI itu juga akan diikutsertakan dalam Program Pemberdayaan berupa pelatihan kewirausahaan yang diselenggarakan BNP2TKI. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top