Tingginya Angka Anak di Jatim yang Terinfeksi HIV – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Tingginya Angka Anak di Jatim yang Terinfeksi HIV

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Jumlah anak di Jawa Timur (Jatim) yang terpapar infeksi human immunodeficiency virus (HIV) dan masuk dalam kondisi AIDS masih tinggi.

Jumlahnya terus bertambah. Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim, secara kumulatif 463 anak di Jatim mengidap AIDS (stadium III dan IV pada infeksi HIV) pada 2014.

Berdasar data terakhir, sampai Juni 2015, angka tersebut meningkat menjadi 488 anak. ”Artinya, pada 2015 atau dalam waktu enam bulan saja, sudah ada pertambahan kasus 25 anak yang menderita AIDS. Jumlah itu adalah kasus yang terlaporkan dan belum sampai data pada akhir tahun ini. Sebab, ada kemungkinan jumlah yang sebenarnya lebih dari angka tersebut,” jelas Kepala Dinkes Jatim dr Harsono seperti yang dilansir Radar Surabaya (Jawa Pos Group), Selasa (9/11).

Menurut Harsono, masalah HIV/ AIDS pada anak adalah problem multidimensi dan multisektor. ”Anak dengan HIV positif biasanya tidak lagi memiliki orang tua karena kedua orang tuanya sudah meninggal,” tuturnya.

Karena  itu, kebutuhan sebagai anak acap tidak terpenuhi dari sisi kesehatan, pengasuhan, pendidikan, maupun lainnya.

Ironisnya, sebagian besar anak yang mengalami kondisi AIDS tertular virus (HIV) dari orang tuanya Penularan HIV dapat terjadi dari ibu yang HIV positif ke anak selama proses mengandung, persalinan, maupun saat ibu menyusui anak tersebut.

loading...
Click to comment
To Top