Elektabilitas Ahok Boleh Tinggi, Tapi yang Lebih Disukai itu Ridwan Kamil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Elektabilitas Ahok Boleh Tinggi, Tapi yang Lebih Disukai itu Ridwan Kamil

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masih terfavorit untuk memenangkan Pemilihan Gubernur DKI 2017. Namun dari segi disukai, Ahok kalah dari Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Hal ini diketahui dari survei Cyrus Network yang dipublikasi kemarin, Rabu (11/11). Survei dilakukan terhadap 1.000 warga DKI kecuali Kepulauan Seribu dari kurun waktu 27 Oktober-1 November 2015. Tingkat kesalahan dalam survei tersebut disampaikan sekitar 3,1 persen.

Ahok, sapaan Basuki, tidak banyak berkomentar mengenai hasil survei tersebut. Menurutnya, terpilih tidaknya dirinya menjadi gubernur pada saat Pilgub DKI 2017 tergantung pada masyarakat Jakarta. “Itu mah tergantung orang Jakarta,” kata ‎Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (12/11).

Menurut Ahok, dirinya tidak bisa mengatur orang untuk suka kepadanya. “Kamu suka sama orang mana bisa diatur,” ucap mantan Bupati Belitung Timur ini.

Berdasarkan survei Cyrus Network, elektabilitas Ahok masih tertinggi dibanding calon lainnya. Ia memiliki elektabilitas di kisaran 40,7 persen. Sementara, Ridwan Kamil berada di posisi kedua dengan 15,9 persen. Posisi ketiga ditempati oleh Risma dengan elektabilitas sebesar 9,4 persen. Tempat keempat ada Adhyaksa Dault. Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga ini memiliki elektabilitas sebesar 6,7 persen.

Dari segi disukai, Ridwan memperoleh 72,4 persen. Kemudian Risma 71,9 persen. Sementara, Ahok mendapat 67,2 persen. ‎(gil/jpnn)

Click to comment
To Top