Jelang Hujan, Waduk Gunungrowo Dikeruk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jelang Hujan, Waduk Gunungrowo Dikeruk

PATI – Guna mempercepat pencapaian volume pengerukan endapan lumpur Waduk Gunungrowo di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sisi barat daerah genangan digali. Sedikitnya, tiga alat berat jenis ekskavator dan lebih dari sepuluh dump truck tambahan dikerahkan.

Banyaknya alat berat harus dilakukan pihak rekanan pemenang tender proyek itu, karena endapan lumpur yang harus dikeruk mencapai 360.000 meter kubik. Sedangkan sisa waktu hari kalender kerja hanya tinggal sekitar 45 hari, karena pertengahan Desember mendatang pelaksanaan pekerjaan itu harus sudah tuntas.
Kepala Seksi (Kasi) Bina Manfaat Bidang Pengairan dan ESDM Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pati, Sumarto, menegaskan, sekarang ini terjadi peralihan kondisi cuaca dari kemarau ke penghujan. Harus dipercepat lagi agar pelaksanaan pengerukan visa lebih dipercepat. Sebab, jika hujan sudah turun tapi pelaksanaan pekerjaan belum selesai pasti akan menghadapi banyak kendala, terutama akses jalan untuk lewat dump truck pengangkut tanah hasil penggalian. Apalagi, selain akses jalan dari daerah genangan waduk juga harus didukung akses jalan menuju lahan tempat pembuangan.
”Karena itu ditambah akses jalan ke tempat pembuangan lumpur di sisi barat waduk,” ujarnya.
Banyaknya truk yang lalulalang membuat banyak tanah yang tercecer dan debu. Lebih membahayakan adalah bila rontokan tanah itu diguyur air hujan akan berubah menjadi lumpur. Sehingga membahayakan pengguna jalan.
Dengan menambah akses jalan dan lokasi penggalian di sisi barat, hal itu mengurangi menumpuknya kendaraan pengangkut yang harus membuang tanah galian ke arah timur lewat depan permukiman warga.
”Sebab, lokasi pembuangan di sebelah barat desa, langsung menuju ke lahan kosong milik warga, tapi jauh dari tempat permukiman,” jelasnya. (sf)

loading...
Click to comment
To Top