Posisi Kencing yang Baik untuk Kesehatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Posisi Kencing yang Baik untuk Kesehatan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Gaya hidup berhubungan erat dengan kesehatan. Termasuk kebiasaan perempuan ketika buang air kecil atau kencinf. Peralatan yang serba modern, membuat hidup menjadi lebih mudah dijalani. Salah satunya, keberadaan toilet. Hampir seluruh toilet menggunakan closet duduk. Posisi kencing pun menjadi lebih mudah dan tidak repot.

Padahal, posisi kencing yang paling baik adalah dengan berjongkok. Hal ini juga dianjurkan dalam dunia kedokteran. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan ilmuan mikrobiologi asal Jerman, Giulia Enders, kencing dengan posisi berjongkok dapat meminimalisir penyakit pencernaan. Mereka yang lebih sering menggunakan closet duduk, ternyata rentan mengalami gangguan pencernaan.

Spesialis Kandungan RS Khadijah I, Dr dr Nasruddin AM, SpOG (K) mengatakan, wanita sebaiknya pipis dengan berjongkok. Alasannya, dengan berjongkok maka kontraksi otot panggul dan kandung kemih menjadi lebih maksimal. Pengosongan pada kandung kemih juga semakin bagus.

“Pada wanita, secara langsung melatih otot panggul dan membuatnya lebih kencang,” jelas Nasruddin, Senin, 3 Agustus.

Jika kencing dilakukan dengan posisi duduk, lanjut Nasruddin, maka kerja otot panggul menjadi berkurang. Parahnya, otot panggul menjadi lemah dan amat berpotensi mengalami turun kandungan.

“Otot panggul yang lemah mengganggu proses melahirkan, terjadi kasus genital dan turun kandungan. Utamanya saat menopause,” sambung dia.

Spesialis Kandungan RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS), Dr dr Isharyah Sunarno, SpOG (K) menuturkan, wanita memiliki saluran kandung kemih (uretra) lebih pendek daripada pria. Akibatnya, wanita lebih mudah mengalami infeksi saluran kemih.

Jika dibiarkan, lanjutnya, maka infeksi saluran kemih dapat menyebar dengan cepat ke bagian organ reproduksi terdekat. Untuk mencegahnya, wanita dapat memilih closet jongkok. “Dianjurkan memilih closet dengan posisi jongkok daripada duduk. Agar tidak ada kontak langsung kulit dengan closet,” bebernya.

Jika tak ada fasilitas closet jongkok, maka sebaiknya membersihkan pinggiran dudukan closet menggunakan tisu basah sebelum menggunakannya.

loading...
Click to comment
To Top