Sudetan Kali Lojahan Batang Atasi Kekeringan di Wonotunggal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Sudetan Kali Lojahan Batang Atasi Kekeringan di Wonotunggal

BATANG – Akibat musim kemarau panjang, saluran irigasi yang biasanya mengairi sawah di beberapa desa di Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, kekurangan debit air. Akibatnya, petani tertanggu pola tanamnya.

Untuk mengatasi hal tersebut dibuatlah sudetan dengan cara membendung aliran air dari Kali Lojahan dan membuat saluran baru untuk mengalirkan air. Sudetan sepanjang lebih kuran 300 meter ini ternyata efektif dan mampu mengairi sawah di Desa Wonotunggal, Kreyo, Siwatu, Brokoh dan Brayo di Kecamatan Wonotunggal.
Sudetan yang dikerjakan secara gotong royong ini memakan waktu 2 minggu dengan melibatkan petani dan pemilik lahan. Walaupun sederhana dan kelihatan mudah tapi perlu trik khusus karena harus menyiasatinya melewati dataran yang tidak rata dan tanah berpasir yang mudah longsor.
Dengan peralatan manual, tumpukan batu, tanah dan pasir disusun sedemikian rupa sehingga membentuk saluran air menyerupai irigasi. Upaya gigih petani untuk mendapatkan air ini mendapat perhatian dari anggota Koramil 08/Wonotunggal yang serta merta membantu dengan mengirimkan personelnya ikut kerja bhakti dan memberi arahan agar sedikit banyak memperingan pengerjaan.
Danramil 08/Wonotunggal Kapten CZI Suharto mengatakan, upaya ini sesuai dengan amanat yang diemban TNI yaitu memperkuat
ketahanan pangan nasional. Ini adalah usaha luar biasa dari petani yang luput dari perhatian. “Untuk itulah kami tergerak ikut membantu
dengan mengirimkan personel supaya cepat selesai,” katanya.
Saluran sederhana ini kini telah dinikmati oleh petani di beberapa desa sehingga diharapkan pola tanam bisa lebih teratur. Bukan itu saja, pada musim penghujan saluran ini juga bisa mengurangi meluapnya debit air sungai Lojahan dan resiko banjir bisa diminimalkan. Jika
perawatan dilakukan dengan baik tidak mustahil saluran ini akan tetap bisa digunakan pada musim kemarau tahun depan. (feb)

loading...
Click to comment
To Top