UMK Salatiga 2016 Disepakati Rp 1.475.000 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

UMK Salatiga 2016 Disepakati Rp 1.475.000

SALATIGA – Berdasarkan peraturan Gubernur (Pergub) Jateng, akhirnya disepakati upah minimum kabupaten/kota (UMK) Salatiga sebesar Rp 1.475.000 per bulan. Keputusan ini ternyata lebih tinggi dari usulan bersama antara pihak Apindo, Serikat Pekerja (SP) maupun Pemkot Salatiga sebesar Rp 1.450.000 per bulan. Demikian diungkapkan Sri Joko Nurhadi, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja (Dinsosnakertrans) Kota Salatiga kepada wartawan, Kamis (12/11).

“Apabila keputusan resmi sudah keluar, pihaknya langsung melakukan sosialisasi ke kalangan dunia usaha maupun serikat pekerja di Kota Salatiga. Untuk proses penghitungannya, berdasarkan inflasi tahun 2013, karena inflasi tahun 2014 dinilainya ekstrim, karena saat itu ada kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM),” terang Sri Joko.
Jika nantinya penetapan UMK Salatiga sebesar Rp 1.475.000 per bulan maka telah sesuai dengan penghitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kota Salatiga. Harapannya, semua pihak dapat menerima keputusan tersebut.
Sementara, anggota Komisi C DPRD Kota Salatiga, Suniprat menyatakan, pihaknya memberi apresiasi akan keputusan Pergub tersebut. Pasalnya, usulan UMK Salatiga itu telah melalui jalan yang panjang, bahwa dengan kajian yang mendalam yang melibatkan pekerja, pengusaha maupun pemerintah.
”Harapan kami, keputusan akhir tidak berbeda dan jika lebih tinggi, hal itu harus kita syukuri. Jika kemudian pengusaha merasa keberatan maka harus dicari jalan tengahnya,” tandas politisi PDI Perjuangan. (hes)

loading...
Click to comment
To Top