UMP Jabar tak Boleh Lebih Rendah dari UMK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

UMP Jabar tak Boleh Lebih Rendah dari UMK

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan (Aher) dipusingkan dengan tudingan soal Upah Minimum Provinsi (UMP) 2016 yang telah dibuat Pemprov Jabar. UMP Pemprov Jabar yang telah ditetapkan sebesar Rp1,312 juta itu sering dibandingkan dengan UMP DKI Jakarta sebesar Rp3,1 juta.

Aher menyebut, UMP Jabar tidak boleh lebih rendah dari Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) terendah di provinsi. Di Pemprov Jabar, UMK terendah yakni Kabupaten Ciamis sebesar Rp1,312 juta.

“Kalau di Jakarta, UMP itu ya sama seperti UMK di Jabar, itu patokan bersama bagi lima kota administratif di bawahnya. Di Jabar, kota dan kabupatennya tidak administratif, tapi otonom, punya otoritas sendiri memutuskan UMK. Jadi itulah perbedaannya,” papar Aher seperti diberitakan RMOL Jabar, Rabu (11/11).

Diketahui, Rabu pagi (11/11) sekitar 1.000 buruh pagi ini berunjukrasa di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung. Mereka mendesak PP No 78/2015 tentang pengupahan segera dibatalkan serta menolak penetapan UMK yang mengacu PP tersebut. (sam/rmol)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top