Dewan Berang, SMP Negeri Punguti Rp900 ke Wali Murid – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dewan Berang, SMP Negeri Punguti Rp900 ke Wali Murid

PATI, RAJA – Meski sudah diumumkan sekolah gratis, namun masih saja ada pungutan, seperti di SMPN 1 Jakenan. Ketua Komisi D DPRD Pati Mussalam mengecam pungutan ke wali murid, mulai dari Rp700 ribu hingga Rp900 ribu ini. Kemarahan ini setelah pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Pati didatangi Komisi Ombudsman Jawa Tengah, Selasa (10/11) lalu.

Menurut Mussalam, SMPN 1 Jakenan sudah kelewatan batas melakukan pungutan sumbangan pengembangan institusi (SPI) yang secara terang-terangan menyodorkan form isian kepada wali murid dengan tiga pilihan, yaitu Rp700 ribu, Rp800 ribu, dan Rp900 ribu.

”SMPN 1 Jakenan itu sekolah negeri. Jadi, tidak boleh melakukan pungutan. Itu bertentangan dengan Permendiknas Nomor 44 Tahun 2012 dan PP Nomor 17 Tahun 2015,” tegas Mussalam.

Dijelaskan, sumbangan untuk sekolah negeri boleh saja dilakukan asal sesuai dengan ketentuan hukum dan menggunakan form isian kosong. Sehingga wali murid bisa menuliskan sumbangan sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, sumbangan harus bersifat sukarela dan ikhlas sehingga tidak membebani.

Sebagai tindaklanjutnya, DPRD akan segera memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pati untuk mempertanyakan kejelasan yang dilakukan SMPN 1 Jakenan.

”Kami akan memanggil Disdik Pati sebagai instansi yang membawahi sekolah itu. Ini tidak bisa dibiarkan. Ini sudah menjadi masalah yang serius bagi perkembangan dunia pendidikan di Kabupaten Pati,” imbuhnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan melakukan inspeksi mendadak di SMPN 1 Jakenan dalam waktu dekat. Ia berharap, wajah pendidikan di Kabupaten Pati tidak tercoreng dengan adanya pungutan yang tidak sesuai dengan peraturan negara. (sf)

loading...
Click to comment
To Top