Kenali Empat Kelompok Asma dan Penyebabnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Kenali Empat Kelompok Asma dan Penyebabnya

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Hidup di kota besar dengan berbagai gaya hidup yang keliru atau lingkungan yang kurang bersih mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit.

Salah satunya adalah asma. Sadar atau tidak, kebiasaan sehari-hari bisa menimbulkan penyakit saluran pernapasan tersebut.

Asma didefinisikan sebagai suatu kondisi saat terdapat inflamasi atau pembengkakan pada saluran pernapasan.

Pembengkakan itu sering disertai dengan adanya lendir atau dahak yang mempersempit ruang bagi udara untuk keluar-masuk.

Akibatnya, dalam proses pernapasan, udara mudah masuk, tetapi sulit keluar. Penderita lantas merasa sesak napas.

Secara umum, asma dibagi menjadi empat kelompok besar. ”Ada yang bersifat alergi, lingkungan atau iritasi, infeksi, dan genetis,” ujar Dr dr Daniel Maranatha SpP (K), spesialis paru di RSUD dr Soetomo, Surabaya.

Keempatnya sama-sama dapat muncul karena cara hidup yang kurang tepat. Penyakit asma lantaran alergi disebabkan kebersihan yang kurang dijaga.

Contohnya, rumah. Sering kali, karena kesibukan yang padat, rumah jarang dibersihkan. Debu, kutu, jamur, dan kotoran lain akan muncul. Celakanya, jika kotoran-kotoran itu terhirup, saluran pernapasan bakal terdampak.

Asma akhirnya terjadi. Penyebab asma berikutnya adalah lingkungan atau iritasi. Hal itu rentan terjadi bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Di kota besar, dengan padatnya industri dan kendaraan, asma lantaran iritasi lebih sering terjadi. ”Penyebabnya cukup banyak, mulai asap industri, asap kendaraan, debu jalanan, hingga zat-zat sisa pembakaran,” jelas Daniel.

Berikutnya adalah asma lantaran infeksi. Berbeda dengan alergi dan iritasi, asma jenis itu disebabkan virus. ”Penularannya lewat udara yang terhirup,” terang Daniel. (len/c14/ayi/jawapos)

To Top