Lagu Adele Pakai Isyarat Tangan? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Lagu Adele Pakai Isyarat Tangan?

FAJAR.CO.ID, OTTAWA – Siapa sih yang tidak terbawa dalam setiap lagu yang dibawakan Adele? Hampir semua orang yang mendengarkan lirik dan suaranya jadi ikutan baper alias bawa perasaan. Adele memang jagonya membawa perasaan menjadi teraduk-aduk lewat lagunya.

Namun ternyata melodi-melodi tertentu memang dapat membuat kita merasa senang atau sedih. Hal ini berkaitan dengan dinamika dan pola bicara sang penyanyi yang membawa setiap emosi dalam nyanyiannya.

Dilansir realsimple.com, para peneliti dari McMaster University di Kanada menduga bahwa para komposer di Eropa seperti Frederic Chopin dan Johann Sebastian Bach menggunakan isyarat tangan untuk membuat bagian-bagian lagunya jadi lebih emosional. Kegembiraan diisyaratkan dengan meniru nada bicara yang tinggi, ceria dan cepat. Sebaliknya, kesedihan banyak menggunakan nada rendah dan kecepatan yang lebih lambat.

Untuk menguji teori ini, para peneliti menganalisis 72 potongan lagu dari Bach dan Chopin. Potongan-potongan lagu ini diidentifikasi berdasarkan nada dan tingkat emosinya. Ditemukan bahwa lagu-lagu yang bernada gembira disusun dari nada-nada mayor, sementara lagu-lagu sedih dominan dalam penggunaan nada minor.

Temuan ini juga berlaku pada bagaimana lagu-lagu yang dinyanyikan Adele mampu membangkitkan rasa galau yang bersamaan pada pendengarnya. Bahkan membuat banyak orang menangis. “Meskipun studi ini dilakukan pada musik klasik, saya menduga beberapa prinsip yang sama diterapkan dalam lagu-lagu Adele. Diawali dengan suara yang rendah dan melankolis, kemudian berubah di bagian tengah lagu seperti jeritan hati,” terang Michael Schutz, ketua peneliti.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top