Pengamat: Negara Adalah Bos Bagi Lino, Bukan Li Ka Shing dan Rothschild… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pengamat: Negara Adalah Bos Bagi Lino, Bukan Li Ka Shing dan Rothschild…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Panitia Khusus (Pansus) Angket PT. Pelindo II DPR RI diminta untuk menelusuri dugaan keterlibatan pengusaha asal Hongkong, Li Ka Shing dan pengusaha Rothschild dalam mengatur tata kelola PT. Pelindo II.

“Anggota Pansus Daniel Johan (Fraksi PKB) sudah mengungkapkan dugaannya itu, tinggal Pansus Pelindo II harus menelusurinya,” kata kata pengamat politik dari Universitas Al Azhar Jakarta, Rahmat Bagja di Jakarta, Jumat (13/11).

Dia menilai Pansus harus fokus untuk menggali kebenaran informasi tersebut karena dirinya meyakini ungkapan Daniel itu pasti ada data awal sehingga harus dibuktikan. Menurutnya, dalam pengelolaan pelabuhan, Indonesia tidak bisa didikte oleh pihak asing karena keuntungannya tidak bisa dinikmati oleh rakyat Indonesia.

“Saya yakin kalau Pelindo II dikelola secara mandiri, banyak keuntungan yang didapatkan bagi Indonesia,” ujarnya.

Rahmat mengatakan, Pansus juga harus mendalami dugaan kedekatan Direktur Utama Pelindo II RJ Lino dengan Li Ka Shing dan Rothschild sehingga menyebabkan pengelolaan pelabuhan tidak bisa mandiri. Jelas dia, Lino seharusnya tunduk kepada pemerintah dalam menjalankan tugasnya dalam mengelola pelabuhan bukan mengikuti kemauan pihak asing.

“Negara adalah bos bagi Lino, bukan Li Ka Shing dan Rothschild. Kalau itu dilanggar maka itu melanggar konstitusi,” katanya.

Selain itu, lanjut Rahmat, Pansus juga harus membantu Bareskrim Polri yang sedang mengusut kasus dugaan korupsi di Pelindo II. Menurut dia, data-data yang didapatkan Pansus selama memanggil beberapa pihak, bisa digunakan untuk mengungkap keterlibatan manajemen Pelindo II yang diduga merugikan negara lebih dari Rp 3 triliun.

“Pansus harus fokus membantu Kepolisiaan mengungkap kasus tersebut agar pembenahan Pelindo II bisa terwujud,” tutupnya. (rus/rmol)

loading...
Click to comment
To Top