Peringati HKN dengan Berbagai Kegiatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Peringati HKN dengan Berbagai Kegiatan

KENDAL, RAJA – Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 51 Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Kendal diwarnai dengan berbagai macam kegiatan, diantaranya lomba desa siaga aktif, lomba PHBS tatanan keluarga, lomba puskesmas bersih dan tertib, lomba futsal , lomba balita sehat, lomba tumpeng serta kegiatan jalan sehat. Selain itu juga ada pemilihan tenaga kesehatan terbaik yang meliputi dokter dan bidan desa terbaik, perawat terbaik, analis, nutrisionis, sanitarian terbaik, koordinator imunisasi terbaik serta puskesmas pengelola program terbaik.

Puncak peringatan HKN ke-51 dengan upacara yang dipusatkan di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Kamis (12/11) yang diikuti oleh para PNS pada Dinas Kesehatan, dokter dan juga pegawai puskesmas di seluruh wilayah Kabupaten Kendal, serta para pelajar. Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk desa terbaik bintang ODF (Open Defecation Free atau sering disebut stop buang air besar sembarangan) tahun 2015 untuk juara 1 diraih oleh Desa Penjalin Kecamatan Brangsong. Sedangkan juara 2 diraih oleh Desa Sukomangli Kecamatan Patean.

Dalam upacara HKN ke-51, inspektur upacara adalah Sekda Kendal Ir. Bambang Dwiyono, MT. Dalam sambutan Menteri Kesehatan RI, Bambang Dwiyono menyampaiakan, Jaminan Kesehatan Nasional merupakan salah satu program Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan Revolusi Mental melalui gotong royong dalam pembiayaan kesehatan. Jaminan Kesehatan Nasional merupakan solusi untuk menjamin dan memastikan masyarakat kurang dan tidak mampu untuk mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan.

Di samping mendorong kepesertaan mandiri, lanjut Bambang, Pemerintah menyediakan Bantuan luran untuk seluruh masyarakat miskin serta bertahap menggabungkan semua sistem pembiayaan kesehatan dan daerah agar memenuhi asas-asas portabilitas dalam payung Jaminan Kesehatan Nasional dan Sistem Jaminan Sosial Nasional. Program ini telah berlangsung sejak Tahun 2014, dan secara bertahap cakupan JKN akan diperluas lagi sehingga target di Tahun 2019 seluruh masyarakat Indonesia terlindungi. (kdl

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top