Warga Dua Kecamatan di Bone Pilih Berobat di Daerah Tetangga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Warga Dua Kecamatan di Bone Pilih Berobat di Daerah Tetangga

FAJAR.CO.ID, WATAMPONE — Mayoritas warga di Kecamatan Salomekko dan Palattae, Kabupaten Bone yang terletak di wilayah perbatasan dan jauh dari ibukota kabupaten, bila sedang sakit, memilih berobat di Kabupaten Sinjai. Ini sebabkan infrastruktur kesehatan di kabupaten tersebut masih sangat terbatas.

Padahal warga sudah melontarkan keluhan tersebut sudah berkali-kali ke para legislator dengan meminta Dinas Kesehatan membenahi infrastruktur kesehatan di daerah itu.

Anggota Komisi IV DPRD Bone, Muhammad Ramli mengatakan, warga yang berada di dua kecamatan tersebut lebih memilih ke Kabupaten Sinjai untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dan Puskesmas yang berada di dua wilayah tersebut justru merujuk pasien ke Kabupaten Sinjai. “Baru-baru ini ada keluarga kecelakaan dan mereka lebih memilih dirujuk ke Kabupaten Sinjai,” ujar Ramli, Kamis (12/11).

Kecenderungan warga memilih dirujuk ke kabupaten tetangga tersebut menurutnya, karena terkendala jarak tempuh. Dimana bila warga dua kecamatan tersebut ke RSDU Tenriawaru dari kecamatan wilayah selatan Bone memakan waktu kurang lebih satu jam.

“Sementara untuk ke Sinjai hanya dibutuhkan beberapa menit saja. Selain itu memang peralatan di puskesmas belum memadai,” katanya. (Hendra Wijaya/Zainuddin Saleha/fajaronline)

loading...
Click to comment
To Top