Kunjungan Libur Tahun Baru di Karimunjawa Belum Terlihat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kunjungan Libur Tahun Baru di Karimunjawa Belum Terlihat

JEPARA – Kunjungan wisatawan untuk menikmati liburan natal dan tahun baru di Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, belum terlihat. Saat ini belum ada pemesanan tiket dan justru mengalami penurunan pengunjung menuju pulau terluar di Jepara itu.

Pimpinan ASDP Cabang Jepara, Yudi Yanuar mengatakan hingga kemarin, Jumat (13/11), belum terlihat adanya pemesanan tiket dari para wisatawan untuk libur natal 2015 dan tahun baru 2016.
Berdasarkan pengalaman tiga tahun lalu selama musim liburan batal dan tahun baru sering kali kapal penyeberangan suka berhenti di Karimunjawa karena faktor alam berupa musim hujan dan musim baratan yang ditandai dengan tingginya gelombang sehingga kapal penyeberangan yang ada tidak diperbolehkan berlayar.
“Kita ikut syahbandar jika diperbolehkan melakukan penyeberangan kita berangkat. Kalau gelombang tinggi kita tunggu gelombang menjadi normal dari prakiraan BMKG,” katanya kemarin.
Ia berujar mungkin wisatawan kurang bisa menikmati keindahan pulau Karimun yang eksotis itu pada saat hujan. Hal itu juga mungkin masih menjadi pertimbangan para wisatawan untuk menghabiskan liburan di sana.
Sementara itu, mendekati musim penghujan kunjungan wisatawan menuju Karimunjawa justru menurun. Hal itu disebabkan datangnya musim baratan yang ditandai dengan gelombang yang mulai tinggi.
Berdasarkan informasi yang dia dapat, tak hanya KMP Siginjai yang menurun penjualan tiketnya. Tapi juga kapal penyeberangan lainnya juga mengalami hal yang sama.
“Pada minggu-minggu terakhir kunjungan ke Karimunjawa ditandai dengan pembelian tiket paling banyak antara 150-180 orang. Padahal pada saat normal pembelian tiket rata-rata bisa mencapai 200-250 orang. Karena musim penghujan jadi menurun,” jelasnya.
Ia menjelaskan jadwal keberangkatan KMP Siginjai dalam sepekan sebanyak delapan kali penyeberangan. Terdiri dari empat kali dari Jepara-Karimunjawa, serta empat kali Karimunjawa-Jepara.
“Kalau dari Jepara hari Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu. Sedangkan dari Karimunjawa pada hari Selasa, Kamis, Jumat dan Ahad. Namun jadwal ini sewaktu-waktu bisa berhenti tergantung tinggi gelombang dan kecepatan angin,” tuturnya.
Namun dia menilai keindahan Karimunjawa yang luar biasa itu akan tetap mengundang para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan natal dan tahun di sana. Meski banyak yang tahu jika pada masa-masa tahun baru kapal penyeberangan harus berhenti di Karimunjawa karena gelombang tinggi. (nr)

loading...
Click to comment
To Top