La Ode Ida Lolos Seleksi Awal Calon Anggota Ombudsman RI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

La Ode Ida Lolos Seleksi Awal Calon Anggota Ombudsman RI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) Ombudsman Republik Indonesia (ORI) menyerahkan 18 nama calon anggota baru masa jabatan 2016-2021 pada Presiden Joko Widodo melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Jumat (13/11).

Di antara nama tersebut terdapat beberapa tokoh yang sudah cukup dikenal publik. Di antaranya mantan anggota DPR Alvin Lie, kriminolog dan anggota Kompolnas Adrianus Meliala, mantan wakil ketua DPD-RI Laode Ida, dan mantan direktur BULOG Lely Pelitasari Soebekty.

“Nama calon yang diserahkan pada presiden telah lulus tes wawancara yang diselenggarakan pada 27 Oktober 2015 lalu,” ujar Ketua Pansel ORI Agus Dwiyanto di kantor Setneg.

Menurut dia, para calon itu menyisihkan 18 peserta lain yang sebelumnya juga telah lolos dalam seleksi administrasi, tes obyektif, dan pembuatan makalah, dan profile assessment. “Ini nantinya akan disampaikan ke DPR untuk dipilih dan mendapatkan persetujuan 9 orang, yang selanjutnya ditetapkan pengangkatannya dengan Keputusan Presiden,” imbuh Agus.

Agus menjelaskan,  Pansel ORI memiliki sejumlah pertimbangan dan kriteria sehingga memilih 18 calon anggota tersebut. Para calon, kata dia, harus menunjukkan sikap mau membangun hubungan dengan pemerintah dan lembaga tinggi negara lain. Selain itu, calon anggota harus memiliki jaringan yang luas dengan akar rumput, masyarakat sipil dan sebagainya. Tak hanya itu juga harus memiliki kemampuan mengembangkan sistem kelembagaan ORI.

“Kami ingin anggota ORI ke depan benar-benar bisa, di samping membangun kompetensi internal, bisa meyakinkan beberapa pihak rekomendasi ORI bisa diperhatikan,” terang Agus.

Agus memastikan sebelum memilih 18 nama calon anggota, Pansel ORI telah melakukan penelusuran rekam jejak dengan meminta informasi dari POLRI, PPATK, KPK, Kejaksaan Agung, BIN dan masyarakat. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top