Polri Andalkan Brimob Amankan Pilkada Serentak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Polri Andalkan Brimob Amankan Pilkada Serentak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak yang digelar pada 9 Desember 2015 nanti menjadi prioritas bagi Polri.  Karenanya, Korps Brimob (Brigade Mobile) sebagai pasukan pemukul akan menjadi ujung tombak Polri untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi di 261 daerah itu.

Menurut Kapolri Jenderal Badrodin Haiti,  Brimob memang diposisikan di garda depan dalam pengamanan pilkada. “Sebelum dan sesudah pilkada, keadaan harus tetap kondusif, untuk itu sebagai pasukan utama, Brimob akan ada di barisan paling depan melakukan pengamanan,” katanya dalam upacara peringatan ulang tahun Korps Brimob Polri ke-70 di Cikeas, Bogor, Sabtu (14/11).

Badrodin memastikan Brimob akan berperan mengamankan seluruh wilayah tanah air. Tak terkecuali daerah-daerah yang membutuhkan pengamanan tingkat tinggi seperti halnya saat menggelar pilkada.

“Pilkada serentak ini jarang terjadi. Meskipun sejauh ini masih kondusif, Brimob tetap harus mempersiapkan diri menghadapi pilkada terlebih daerah yang tergolong rawan,” lanjutnya.

Seperti diketahui, 9 Desember nanti, sebanyak 261 daerah di seluruh Indonesia menggelar pilkada serentak. Polri pun sudah mempersiapkan diri mulai dari personel.

Dalam upacara peringatan ulang tahun Korps Brigade Mobile di Cikeas, Bogor juga ditampilkan simulasi menghadapi pilkada, khususnya saat proses penghitungan surat suara yang merupakan bagian paling rawan.

Dalam simulasi yang melibatkan ratusan anggota Brimob itu, pendukung salah satu pasangan calon kepada daerah yang tidak puas menganggap Komisi Pemilihan Umum sudah tidak netral lagi. Selain itu ada juga simulasi penanganan serangan bom ketika tahapan pilkada masih berjalan. “Dalam setiap tahapan pengamanan ada prosedurnya,” ucap Badrodin. (elf/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top