Ribuan Desa Belum Nikmati Listrik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Ribuan Desa Belum Nikmati Listrik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dirjen Energi Baru Terbarukan (Ebteke) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana menyatakan, terdapat ribuan desa di Indonesia yang belum teraliri aliran listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Tbk.

Pasalnya, rasio elektrifikasi Indonesia yang masih rendah ‎di bawah negara-negara tetangga di ASEAN. Hal itu menuntut pemerintah dan swasta harus mengejar percepatan realisasi program pembangunan 35 ribu Megawatt (MW)‎ yang dicanangkan Presiden Jokowi.

“‎Listrik sangat dibutuhkan masyarakat, tidak hanya untuk kegiatan yang menunjang perekokomian saja, namun juga dapat mengubah pola kehidupan masyarakat. Seperti  mendukung Program Keluarga Berencana (KB) di daerah terpencil,” kata Rida di kantornya.

Rida berharap, proyek pembangunan listrik 35 ribu MW harus tetap dikebut sekalipun suntikan dana melalui Penyertaan Modal Negara (PMN)‎ tertunda penyalurannya sampai APBN-P.

“Jadi ada daerah yang sukses program KB-nya karena ada listrik. Dulu sebelum ada listrik di daerah itu angka kelahiran bayi meningkat. Biasanya habis Maghrib itu nggak ada aktivitas produktif. Kalau sudah ada listrik habis Maghrib itu ada kegiatan membaca dan lain-lain, itu fakta,” tuturnya sambil tertawa.

Apalagi, ‎pemerintah mulai menggarap pembangunan daerah terluar dan tertinggi seperti pengadaan listrik. Menurut Rida, masterplan pembangunan listrik ini menjadi tanggungjawab bersama bukan hanya Kementerian ESDM dan PLN semata. Sehingga aliran listrik dapat dinikmati oleh semua warga  Indonesia termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil.

“Energi tidak bisa dikerjakan ESDM sendiri karena terkait infrastruktur dan infrastruktur itu bersifat kewilayahan. Kalau kewilayahan itu ada banyak hal yang terlibat karena menyangkut soal kehutanan, infrastruktur jalan, dan lainnya. Jadi perlu kerja sama,” tandas dia.(hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top