Teror Bom di Paris Diduga Terkait Aksi Balas Dendam ISIS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Teror Bom di Paris Diduga Terkait Aksi Balas Dendam ISIS

FAJAR.CO.ID, PARIS – Lebih dari 150 orang dilaporkan tewas dalam sebuah aksi teror biadab di Kota Paris, Jumat (13/11) malam. Tujuh titik diserang dalam waktu bersamaan. Tak hanya menggunakan senapan, teroris juga diduga kuat melakukan aksi bom bunuh diri untuk membuat korban jatuh lebih banyak.

Teror ini lantas dikaitkan dengan aksi balas dendam pada Perancis, yang menjadi sekutu Amerika Serikat. Apalagi beberapa jam sebelum kejadian, Amerika dan sekutunya mengumumkan berhasil menewaskan anggota militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS), Jihadi John.

Kepastian keterlibatan ISIS dalam teror semakin diperkuat oleh pernyataan salah satu saksi mata. ”Teroris itu mengatakan aksi ini untuk Suriah,” kata saksi itu dilansir dari reuters.

Siapa sebenarnya Jihadi John?

Pria yang juga memiliki nama lain Mohammed Emwazi ini merupakan warga negara Inggris. Ia sering muncul di banyak video propaganda ISIS. Beberapa pemenggalan sandera ISIS diyakini dilakukan oleh Jihadi John. Sehingga ia menjadi salah satu target utama militer Amerika dan koalisinya.

[baca juga: Belum Ada Korban WNI di Tragedi Paris, Kemenlu Buka Nomor Hotline]

[baca juga: Teror Bom Paris, Sudah 153 Orang Tewas]

[baca juga: Ini Komentar Jokowi Soal Aksi Teror Bom di Prancis]

Juru bicara militer AS, Kolonel Militer Steven Warren, beberapa waktu lalu mengumumkan pihaknya berhasil membunuh Jihadi John dalam sebuah serangan.

“Kami cukup yakini bahwa kami menewaskan target yang ingin kami bunuh, yakni Jihadi John. Pria ini binatang dan membunuhnya bisa membuat dunia lebih baik,” tegas Warren dilansir dari CNN.

Pasca diumumkan tersebut, intelijen Inggris mulai mengkhawatirkan ada serangan balas dendam. Benar saja, hanya dalam hitungan jam, terjadilah teror di Paris. (afz/JPG)

Click to comment
To Top