Wakil Ketua Komisi II Usul Dana Bansos Dihapus. Setuju? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Wakil Ketua Komisi II Usul Dana Bansos Dihapus. Setuju?

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria mengusulkan agar masyarakat dilibatkan dalam pemberdayaan pembangunan dan penyaluran dana bantuan sosial. Hal itu dalam rangka mencegah perilaku koruptif yang sering kali dilakukan kepala daerah dan DPRD setempat dalam penyaluran dana tersebut.

“Selama ini dana bansos selain terjadi subjektifitas kepala daerah dan DPRD, diberikan hanya ke lingkungan tertentu oleh kroni-kroninya bahkan oleh keluarganya,” kata Riza dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (14/11).

Sementara itu, kata dia, masyarakat miskin yang benar-benar membutuhkan aliran dana tersebut sama sekali tidak dapat. Karenanya, politikus Gerindra itu menyarankan agar anggaran dana bansos segera dihilangkan.

Sehingga, dana tersebut bisa digunakan untuk kepentingan lebih berarti seperti pembangunan infrastruktur. Dan tidak ada lagi dana timbal balik (kick back) yang diberikan penerima bansos kepala daerah dan DPRD.

“Karena selama ini lebih banyak kick back-nya itu besar sekali. Uang yang disalurkan bansos itu kembali lagi kepada eksekutif. Selama ini, itu terjadi di daerah-daerah,” pungkasnya. (put/jpg)

To Top