BEI Cari Tahu Minat Masyarakat Berinventasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

BEI Cari Tahu Minat Masyarakat Berinventasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Gandeng lembaga survei ACNielsen Indonesia PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan survei, guna mencari data berapa besar minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Hasil survei mencatat ada 800 ribu orang Indonesia yang menyatakan tahu dan berminat untuk berinvestasi di pasar modal.

Melalui Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan, surveI tersebut dilakukan tersebar di 9 kota besar di Indonesia dengan populasi sebanyak 23 juta orang. Dari total populasi tersebut diambil sebanyak 2800 orang sebagai korespondensi.

“Mereka yang kami survei memiliki rentang umur 20-65 tahun dengan tingkat penghasilan lebih dari Rp 5 jutaan per bulan,” tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (13/11).

Nicky mengatakan, menurut hasil survei dari total populasi, diasumsikan ada 4 juta orang yang menyatakan mengetahui tentang investasi di pasar modal. Dari jumlah tersebut 20 persennya atau 800 ribu orang menyatakan tahu dan memiliki minat untuk berinvestasi di pasar modal.

Sebagian besar atau 80 persennya menyatakan tidak berminat karena menganggap investasi di pasar modal bersifat spekulasi dan berisiko. Selain itu masih banyak juga yang tidak mempercayakan dananya untuk dikelola oleh pihak ketiga atau perusahaan sekuritas.

“Kami edukasikan, investasi saham memang berisiko dalam jangka pendek, tapi dalam jangka panjang tidak. Karena memang kinerja perusahaan pasti ada penurunan karena siklus ekonomi, tapi kinerjanya bisa membaik kembali,” pungkasnya.(amd)

loading...
Click to comment
To Top