Jaksa Agung Dinilai Paling Pantas Diganti – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jaksa Agung Dinilai Paling Pantas Diganti

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Isu reshuffle kabinet kerja jilid II kian santer terdengar. Lagi-lagi, Jaksa Agung M Prasetyo disebut paling pantas dicopot karena bekinerja jeblok.

‎Pengamat Politik Populi Center Nico Harjanto mengatakan, berdasarkan survei dan pendapat publik, kinerja Jaksa Agung memang perlu diperbaiki. Bahkan, katanya, diperlukan pergantian di posisi Jaksa Agung jika kinerja kejaksaan hendak diperbaiki.

“‎Posisi itu layak dievaluasi secara mendalam dan perlu ada penyegaran, pergantian, dan pergeseran,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (14/11).

Nico pun mengingatkan siapapun yang akan ditunjuk menjadi Jaksa Agung benar-benar sosok profesional dan tidak terafiliasi dengan partai politik tertentu. Dengan demikian, katanya, penegakan hukum bukan karena pesanan untuk kepentingan politik tertentu.

“Jadi kegiatan hukum tidak imparsial dan terkontaminasi oleh kekuatan dan agenda politik. Agar bisa mengisolasi dari gangguan politik,” terangnya.

Nico menambahkan, jangan sampai proses hukum malah dijadikan cara untuk menakan dan menghantam musuh politik. “Saya kira berpolitik sah-sah saja. Tapi, sistem penegakan hukum sifatnya harus objektif,” tegasnya.

Namun, Nico juga menyebut evaluasi di lembaga penegak hukum tidak hanya di kejaksaan. Sebab, di kepolisian dan kehakiman juga diperlukan perbaikan karena kinerjanya masih belum sesuai harapan publik.

Selain itu, Nico juga menyarankan agar Presiden Joko Widodo juga mengevaluasi para pembantunya di bidang ekonomi. Sebab, kinerja mereka justru meresahkan masyarakat.‎ “Dan dirasa kurang memuaskan,” katanya.(rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top