‘Jokowi Harus Keluar dari Istananya’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

‘Jokowi Harus Keluar dari Istananya’

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat hukum tata negara, Margarito Kamis menyatakan belum pernah terjadi dalam sejarah diplomasi negeri ini Presiden Indonesia harus berurusan dengan calo untuk bertemu dengan presiden negara mana pun di dunia.

“Presiden Jokowi bertemu Presiden Amerika Serikat Barack Obama dikabarkan difasilitasi oleh calo. Ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah diplomasi Indonesia,” kata Margarito Kamis, kemarin.

Terlebih, di era teknologi komunikasi saat ini yang nyaris meniadakan batas-batas negara, jarak dan waktu. Mestinya peranan negara lebih dominan untuk meregulasi berbagai pertemuan antar kepala negara. “Di saat negeri ini dahulu dalam kesulitan besar, fakatanya diplomasi tetap dikelola oleh negara. Kok sekarang di tangan calo?,” tanya dia.

Margarito khawatir fenomena ini menunjukkan bahwa ada indikasi di antara penyelenggara negara memang bermental calo. Indikasi ini ujarnya, tidak bisa dibiarkan berlama-lama karena akan mendorong karakter pemerintahan ini nantinya menjadi pemerintahan. “Karena itu, saya minta Presiden Joko Widodo harus keluar dari istananya dan jelaskan kepada rakyat,  apa sebenarnya yang terjadi?,” saran Margarito Kamis.(fas/jpnn)

Click to comment
To Top