Lupakan Messi Dan Ronaldo, Tahun Ini Milik Neymar, Benarkah? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Lupakan Messi Dan Ronaldo, Tahun Ini Milik Neymar, Benarkah?

MENYEBUTKAN nama Neymar da Silva Santos Jr sebagai peraih FIFA Ballon d’Or di tahun ini sepertinya terlalu dini. Karena, pemenangnya baru akan diumumkan 11 Januari 2016 mendatang di Zurich. Akan tetapi, melihat performanya bersama Barcelona musim ini tidak salah jika memprediksi tahun ini milik Ney.

”Neymar lebih layak memenangi Ballon d’or ketimbang (Lionel) Messi ataupun (Cristiano) Ronaldo,” sebut legenda timnas Brasil, Rivaldo, dalam akun Instagram-nya. Dilansir dari Sambafoot, Rivaldo konfiden dengan prediksinya itu setelah melihat aksi-aksi Ney di Barcelona.

Khususnya saat mencetak gol ketiga di balik kemenangan 3-0 La Blaugrana atas Villarreal di Camp Nou, Minggu malam kemarin WIB (8/11). Saat itu, Ney menciptakan gol indah ke gawang Villarreal dengan sekali kontrol, lob, putar dan shot! Mirip dengan gol Ronaldinho ke gawang Osasuna di La Liga 11 tahun silam.

Gol itu melengkapi perolehan Ney menjadi 13 gol di semua ajang, di La Liga dan Liga Champions. Itu belum termasuk enam assists-nya. Uniknya, sejak Barca tumbang di tangan Sevilla 3 Oktober lalu, Ney rajin mencatatkan gol dan assists di setiap laga yang dijalani Barca.

Dalam kurun waktu 1 bulan lima hari itu, Ney mengumpulkan 10 gol dan enam assists dari tujuh laga. Dengan kembali ke timnas Brasil dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL, maka bukan tidak mungkin Ney melanjutkan masa on fire-nya itu lagi.

Dengan seperti itu, dia bisa mengeruk dukungan dalam voting Ballon d’Or yang berlangsung antara 26 Oktober hingga 20 Nopember nanti. Pengamat sepak bola Spanyol di Sky Sports, Guillem Balague meyakini Ney akan berada di atas Ronaldo dan satu strip di bawah Messi

[NEXT-FAJAR]

Bedanya, Messi baru bermain dua bulan musim ini sebelum absen lama karena mengalami cedera pada laga melawan Las Palmas, 26 September lalu. Artinya, Ney hanya bisa dikomparasikan dengan Ronaldo yang masih menjadi tumpuan Real Madrid hingga jornada 11 kemarin.

Whoscored memberikan rating kepada Ney dengan angka sebesar 8,63. Angka itu jadi yang terbesar dibandingkan pemain lainnya di top five league di Eropa. Bandingkan dengan Ronaldo yang hanya mencatatkan rerata rating 7,68. Saat Real tumbang di tangan Sevilla di jornada 11 kemarin pun dia hanya mendapat rating 6,46.

Satu hal yang membuat Ney layak dijagokan memecah dominasi antara Messi dan Ronaldo dalam table peraih Ballon d’Or, kematangannya. Dengan usianya yang masih 23 tahun, Marca menyebut kemampuan kapten Selecao itu melebihi Messi dan Ronaldo saat sama-sama berusia 23 tahun.

”Neymar, jenius di usia 23 tahun,” sebut Marca.

Ney, di usia 23 tahun per 5 Februari lalu sudah mencetak 183 gol dari 317 laga di semua ajang bersama Barca dan Santos. Itu jauh melebihi Messi di usia 23 tahun pada 24 Juni 2010 silam. Dia mencetak 150 gol dari 268 pertandingan. Ronaldo? Jauh di bawah dua penggawa Barca itu.

Peraih Ballon d’Or tahun lalu itu hanya mengumpulkan 118 gol dalam 327 laga per 9 Februari 2008 silam. ”Hanya pemain dari planet lain seperti Messi atau Ronaldo yang pantas mendapatkannya (Ballon d’Or). Kalau saya, yang penting bisa memenangi gelar untuk Barca,” sebut Ney merendah.(ren/JPG)

loading...
Click to comment
To Top