Pergantian Nama KIH Buka Peluang Parpol KMP Gabung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Pergantian Nama KIH Buka Peluang Parpol KMP Gabung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Rencana perubahan nama koalisi pendukung Presiden Joko Widodo dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menjadi Partai-Partai Pendukung Pemerintah (PPPP) bukan sekadar kepentingan PAN.

Menurut pengamat politik Populi Center Nico Harjanto pergantian nama  memberi ruang kepada parpol pendukung Koalisi  Merah Putih (KMP).

“Tetapi, sangat mungkin sekali bakal ada parpol lain yang gabung ke pemerintahan,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (14/11).

Dia memprediksi, partai besar di Indonesia sangat terbuka bergabung ke pemerintahan. “Salah satunya, Partai Golkar ‎yang punya potensi gabung ke pemerintahan,” sebutnya.

‎Alasannya, kata Nico, sejal awal Partai Golkar didirikan itu bereda di barisan pendukung pemerintah. “Golkar bagian tulang punggung pemerintah,” ucapnya.

Dia menilai, jika saat ini  ada segelintir elite yang ngotot berada di luar pemerintah menunjukkan taktik bargaining position.

“Ya karena Golkar mewakili partai besar kedua, maka merasa tidak perlu masuk kepemerintahan. Nantinya, minta jatah yang lebih banyak,” katanya.

Taktik Golkar seperti itu, lanjut Nico, telah terbaca sejak awal. Jika Golkar tetap ngotot berada di luar pemerintah tentu akan membuat kemunduran luar biasa bagi Golkar.

“‎Kekuatan Golkar ada di pemerintahan banyak sekali menghidupi organisasi-organisasi di masyarakat,” pungkasnya. (rka/JPG)‎

Click to comment
To Top