Tiga Petinju Tanjungpinang Raih Medali dan Sabuk Emas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Sport

Tiga Petinju Tanjungpinang Raih Medali dan Sabuk Emas

FAJAR.CO.ID, TANJUNGPINANG – Tiga petinju asal Tanjungpinang berhasil meraih medali dan sabuk emas Kapolres Tanjungpinang, dalam gelaran tinju amatir dan profesional 2015, yang dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Kacapuri, Sabtu (14/11).

Tiga petinju tersebut yakni Andy Y Bronco Rain dari sasana Polres Tanjungpinang, yang juga peringkat enam Komisi Tinju Indonesia (KTI) berhasil meraih sabuk emas Kapolres Tanjungpinang setelah  menumbangkan Oka Syahrial juara amatir Internasional Sumatera Barat (Sumbar).

Kemudian Andi menang Technical knockout (TKO) di ronde kedua karena lawannya tak sanggup lagi melanjutkan pertandingan di kelas super Midle Weight 76 Kg, akibat digempur habis – habisan.

Sama dengan Andi, Syahrial yang juga petinju Tanjungpinang dari Angkasa Boxing Camp Lanud TPI, juga menang TKO atas lawannya Rio Siahaan dari Sasana Ketaping Boxing Camp Padang, yang juga juara satu kejurnas bagian bagian barat, di Ronde kedua dalam kelas Middle Weight 72 Kg. Terlihat pukulan – pukulan yang dilancarkan Syahrial tak mampu ditangkis oleh Rio Siahaan.

Sedangkan Franda Aidil, anak Kampung Bugis Tanjungpinang dari debut, yang baru pertama kali mengikuti gelaran tinju amatir ini mampu membuktikan dirinya juga pantas meraih medali emas karena berhasil mengalahkan lawannya Edward yang merupakan juara satu Porda Sumbar di partai amatir di kelas Light Weight 60 Kg (Elite Man).

Sementara itu, dalam partai Profesional lainnya, Hendrik Barongsay juara WBC Asia Pasifik 2012 yang merupakan juara Nasional Indonesia yang berhadapan dengan Chatpayak Sithkopon juara Nasional Thailand dalam kelas Bantam Weight 55 Kg, berhasil menang TKO di ronde keempat.

Diatas ring antara Hendrik dan Chatpayak terlihat tenang dan memberikan tontotan yang menarik karena sempat terjadi balas membalas pukulan di ronde pertama dan kedua.

Namun, berkat kegigihannya yang mencari celah kelengahan lawan Hendrick akhirnya berhasil memaksa lawannya untuk menyerah sebelum delapan ronde yang dipertandingkan.

Di partai puncak, Maxi Nahak Belu, juara Nasional Indonesia dari Sasando BC Tanggerang yang bertemu Simpson Matthew John di kelas Light Heavy Weight 79 Kg, tak bisa berbuat banyak.

Meski sempat melancarkan pukulan – pukulan yang membuat penonton bergemuruh di dalam GOR Kacapuri di ronde – ronde awal. Namun, Ia tak mampu melanjutkan pertandingan di ronde ketujuh dan terpaksa menyerah diatas ring dari petinju asal Australia.

Ditemui usai pertandingan, Andy Bronco Rain, petinju dari Sasana Polres Boxing Camp mengaku cukup puas dengan hasil yang diraihnya diatas ring karena berhasil menang KO atas lawannya Oka Syahrial yang merupakan juara amatir Internasional. ”Target saya dari awal memang KO di ronde kedua, dan itu saya buktikan diatas ring,” ujarnya seperti dikutip dari batampos.co.id (Grup FAJAR), Minggu.

Atas prestasi yang berhasil diraihnya pada gelaran tinju Ampro Internasional 2015 yang memperebutkan medali dan sabuk emas Kapolres Tanjungpinang ini, Andi berharap atlet-atlet tinju yang ada di Tanjungpinang, kedepannya bisa Go Internasional dan mengharumkan nama Kota Tanjungpinang dan Negara Indonesia.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Siagian, mengatakan event olahraga tinju amatir dan profesional Internasional seperti yang baru saja dilaksanakan tersebut, akan menjadi event tahun untuk Polres Tanjungpinang.

Hal ini demi membentuk pemuda Kota Tanjungpinang yang sehat dan berprestasi serta dapat melahirkan atlet tinju profesional yang akan membawa nama baik Tanjungpinang untuk Indonesia.

”Saya atas nama Polres Tanjungpinang, mengucapkan terima kasih kepada walikota Tanjungpinang, yang turut mendukung event ini. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tanjungpinang yang sudah hadir menyaksikan langsung acara ini,” ujar Krist.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah yang turut hadir di gelaran tinju tersebut berharap event tinju Ampro ini dapat menumbuh kembangkan minat Pemuda Kota Tanjungpinang dalam olahraga tinju.

”Saya juga menginginkan ada atlet dari cabang olahraga tinju dari Kota Tanjungpinang yang meraih prestasi dengan membawa nama Indonesia sampai Go Internasional,” ucap Lis.(cr10)

Click to comment
To Top