Waduh… Gardu Rusak, Jakarta Akan Padam Bergilir – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Waduh… Gardu Rusak, Jakarta Akan Padam Bergilir

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Dirjen Energi Baru dan Terbarukan (Ebteke) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan, ‎pemadaman listrik atau biarpet akan mengintai Ibukota Jakarta. Pemadaman bergilir akan berlangsung beberapa bulan kedepan.

Kata Rida, pemadaman terjadi lantaran  kerusakan pembangkit listrik di gardu induk (GI) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Salah satu GI di Kembangan, Jakarta Barat rusak.

“PMN (Penyertaan Modal Negara) untuk PLN kan tertunda dan kondisi gardu sudah tua tambah musim hujan juga,  bersiaplah kalau bakal sering mati lampu di Jakarta. Di Kembangan sering meledak  (terbakar) bukan karena apa-apa tapi beban gardu ketinggian,” kata dia akhir pekan ini.

Dia mengaku kemungkinan kebakaran atau kerusakan gardu ini akan kembali mengancam distribusi listrik pada beberapa bulan ke depan.

“Kami minta masyarakat bisa memahami dan tidak cepat tersulut emosinya apabila sering terjadi pemadaman listrik,” ucap Rida.

Rida mengaku untuk mengganti gardu butuh waktu lama. Sementara kebutuhan sudah sangat mendesak.

“Mengapa nggak ganti (gardu induk) saja. Tapi ya itu, untuk ganti itu butuh 4-5 bulan. Mau selama itu Jakarta gelap? Kalau mau bangun baru tanahnya nggak ada. Saya usul kenapa nggak bangun di dalam tanah saja. Atau tetap bangun gardu baru di sana yang gede (seukuran) 2 kontainer untuk mengaliri listrik di Jakbar dan Tangerang,” tandas Rida.‎ (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top