Anggaran Banyak, tak Ada Pembangunan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Anggaran Banyak, tak Ada Pembangunan

FAJAR.CO.ID, BONTANG – Anggaran besar dalam APBD bukan jaminan masyarakat sejahtera. Terbukti di Kota Bontang, anggaran yang banyak justru tidak tidak temanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena, dominan justru kembali dalam bentuk uang yang tidak dibelanjakan atau Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA).

“Saya dulu ini bergabung dan mendukung Adi-Isro. Tapi saat melihat kinerjanya hingga lima tahun ini, ternyata tidak ada pembangunan yang berarti yang bisa dirasakan masyarakat, saya memutuskan untuk pindah dukungan,” ujar tokoh masyarakat Bontang H Safaruddin.

Menurut dia, kondisi pembangunan Bontang dalam lima tahun terakhir sangat berbeda dengan era kepemimpinan Sofyan Hasdam sebagai Walikota Bontang. Ketika Sofyan, kata dia, anggaran memang terbatas, tetapi pembangunan terasa di mana-mana.

“Jalan-jalan diperbaiki, rumah sakit dibangun, infrastruktur lain dibangun, sehingga betul-betul terasa bahwa pemerintah ini bekerja, kendati dalam situasi anggaran yang terbatas,” ungkapnya.

Sekarang ini, anggaran melimpah, tetapi masyarakat tidak merasakan apa-apa. Mungkin memang ada yang terbaik, tetapi tidak ada yang monumental. Tidak ada yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat Bontang, Alwi Tike. Menurut dia, kelihatan sekali pemerintahan Adi-Isro lamban dalam mengambil keputusan. Selain itu, pola pendekatannya ke masyarakat juga kurang. Akibatnya dukungan public terhadap program pembangunan minim.

“ Akibatnya, tidak ada pembangunan yang terasa. Anggaran banyak, tetapi justru kembali dalam bentuk uang yang tidak dibelanjakan,” katanya.

To Top