Gan Tahu Nggak, Inilah Lawan Terberat Son Goku Asli Buatan Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Gan Tahu Nggak, Inilah Lawan Terberat Son Goku Asli Buatan Indonesia

FAJAR.CO.ID- Siapa yang tidak kenal  sarial Dragon Ball, manga buatan Akira Toriyama ini langsung menjadi idola anak-anak. Dragon Ball punya tokoh utama yang paling kuat sejagad, yaitu Son Goku. Ilum kamehamenya mampu menghancurkan dunia.

Namun belakangan Dragon Ball punya lawan terberat. Bukan Beerus atau juga pilaf. Mushnya asli buatan Indonesia, adalah KPI alias Komisi Penyiaran Indonesia. Son Goku bahkan tidak perlu banyak sampe berkeringat atau mengerluarkan jurus andalan. Hanya dengan selembar surat larangan langsung tamat!

Inilah fenomena film animasi di tanah air. Segudang keluhan dilontarkan penonton soal penilaian sensor KPI. Publik pun mencibir. Mereka menilai standar kekerasan dalam film animasi sangat tidak objektif. Pasalnya tayangan sinetron berbau mistik dan laga lebih parah dibanding efek animasi.

Akibatnya, penetapan standar yang membingungkan itu menyebabkan jumlah film anak-anak makin menurun, hal itu berbanding terbalik dengan sinetron remaja. Alternatifnya,anak-anak  terpaksa menonton sinetron yang terlihat aneh dan tidak mendidik.

Untuk masalah ini, lembaga penyiaran diminta bercermin dari cara kerja lembaga penyiaran di Jepang. Organisasi Pengembangan Program dan Etika Penyiaan Jepang atau BPO memiliki standar penilaian yang lebih professional dan mendidik.

[NEXT-FAJAR]

“Di Jepang banyak film animasi, tapi anak-anaknya pintar-pintar dan sopan-sopan. Cobalah bercermin dari lembaga penyiaran di Jepang,” tulis akun Faritz Dua dalam fanspage milik KPI.

“Jangan tutup mata! tidak ada lagi tanyangan ank-ank di televisi. Akhirnya sinetron yg ditonton. Ini salah kamu!” tulis Dwi Lestari.

“Gan, ini pmbeda kita dengan Jpang. Son Goku tw, kalau kamehamenya tidak berhasil, berarti salah antenanya. Antenyanya buatan Indonesia. wkwkwkw.. tepok jidad” tulis Sukry Putra.

“ya udah.. kita tau tahu, dragon ball cuma jago di jepng. disini, kamehame letoy. kalah ama KPI!” timpal akun milkk Djimy One.

Sebenarnya, untuk kategori film animasi atau anak-anak, BPO tidak langsung main cekal melainkan dari survey adegan per adegan serta membuka kotak laporan.

Dalam kasus kekerasan, cukup banyak film animasi anak-anak yang ditegur lembaga ini. Meski begitu, yang dikoreksi hanya sebagain cerita dalam filmnya.

Poin yang dinilai adalah, adegan yang mengandung kekerasan, pornografi dan perilaku yang tidak etis.

Namun ada beberapa film animasi sengaja tidak menghilangkan beberapa adegan yang dilarang tersebut. Syaratnya, wajib mencantumkan kode penonton. Misalkan misalkan BO untuk bimbingan orang tua (Indonesia).

Dengan begini ada anak-anak juga memiliki hak dalam menonton film bermutu. Banyaknya film animasi yang mendidik membuat orang tua tidak was-was, ketimbang menyaksikan putra-dan putrinya tumbuh dengan film sinetron dewasa. (klm)

loading...
Click to comment
To Top