Lima Tahun Ajukan Bantuan Tidak Cair, Pengelola Makam Jual Pohon Kamboja – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Lima Tahun Ajukan Bantuan Tidak Cair, Pengelola Makam Jual Pohon Kamboja

SALATIGA, RAJA – Sebanyak 15 pohon Kamboja berusia puluhan tahun yang selama ini ditanam di komplek Makam ‘Andong’, Kelurahan Mangunsari, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga, akhirnya dijual seharga Rp27 juta oleh pihak pengelola makam. Penjualan itu terpaksa dilakukan, pasalnya dana yang diperoleh akan digunakan untuk membangun pagar belakang makam.

Ketua Pengelola Makam, Slamet (64) menyatakan, bahwa penjualan itu dengan terpaksa dilakukan karena untuk membangun pagar makam, pihak pengelola sudah tidak ada anggaran atau biaya. Sebelumnya, berkali-kali mengajukan permohonan bantuan anggaran ke Pemkot Salatiga selalu kandas. “Penjualan pohon Kamboja itu juga atas kesepakatan seluruh warga. Dana penjualan pohon Kamboja itu akan kami gunakan untuk membangun pagar di komplek makam sepanjang kurang lebih 26 meter. Tragisnya, kami telah mengusulkan ke Pemkot Salatiga selama lima tahun tidak pernah ada tanggapan serius,” terang Slamet.

Ditambahkan, ketika pihak pengelola benar-benar membutuhkan dana pembangunan pagar, ada informasi jika ada pembeli yang siap menawar, akhirnya bertemu dengan calon pembeli lalu koordinasi dengan pengurus RW setempat. Kemudian, dilaksanakan rembug warga hingga terjadi kesepakatan untuk penjualan pohon Kamboja.

Saat pencabutan pohon Kamboja beserta akar-akarnya, menjadi perhatian masyarakat yang lewat di jalur dekat makam. Bahkan, anggota DPRD Kota Salatiga pun banyak yang mempertanyakan keberadaan pohon kamboja yang dicabuti itu.

Dari informasi yang dihimpun Rakyat Jateng, puluhan pohon Kamboja itu dibeli oleh warga Parung, Jakarta. Dan, pohon Kamboja itu rencananya akan ditanam sebagai penghias bangunan di komplek hotel serta perkantoran di Jakarta. (Hes)

loading...
Click to comment
To Top