Luwu Tetap Mekar. Titik! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Luwu Tetap Mekar. Titik!

MAKASSAR – Semangat pemekaran terus tokoh penting Luwu Raya. Lewat Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) menegaskan Luwu tetap harus jadi daerah otonom.

Pemisahan diri dari Sulsel sebenarnya merupakan kabar lama. Namun masih terkendala undang-undang sehingga KKLR mendukung lebih dulu pembentukan daerah otonom baru, Luwu Tengah dengan harapan bisa memenuhi syarat pembentukan provinsi.

“Soal Luwu jadi privinsi bukan hal yang baru. Saat kepemimpinan Datu Luwu, Andi Djemma, Luwu diharapkan menjadi salah satu daerah khusus seperti Yogyakarta, namun kita tertahan aturan UU, sehingga untuk menuju ke sana kita dukung terbentuknya daerah otonom baru Luwu Tengah dulu,” ujar tokoh Luwu, Dr Aris Pangeran di Warkop Sija, Makassar, Minggu 15 November.

Selama ini warga Luwu terus melakukan upaya. Hanya saja selalu terkendala syarat terkait dengan pemekaran daerah. Rencananya, cita -cita pemisahan diri dari Sulsel  akan dibahas pada musyawarah besar kerukunan Luwu Raya (KKLR) IV yang dijadwalkan berlangsung di Hotel Condotel Makassar pada 12-13 Desember mendatang.

Aris yang juga Ketua Panitia Musyawarah Besar KKLR mengatakan pada mubes itu akan dilakukan pemilihan ketua pengurus KKLR yang saat ini dipimpin Buhari Kahar Mudzakkar.

Pada agenda lima tahun sekali itu telah membuka pendaftaran dan beberapa calon, di antaranya Lufhfi A Mutti  dan Hatta Marakarma. Kabarnya seluruh Warga KKLR akan hadir dalam mubes tersebut dari seluruh  Indonesia sebanyak 21 cabang.

Ketua stering komite KKLR, Dr Talif Mustafa mengatakan, pendaftaran dibuka untuk semua pengurus cabang. Syarat utamanya berasal dari anggota KKLR dan merupakan Wija To Luwu. Selain itu, Aris juga berpesan pada Wija To Luwu (Keluarga Besar Luwu) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di Luwu Utara dan Luwu Timur memilih calon bupati dan wakil bupati  dengan cerdas dan tidak mudah terprovakasi dengan hal-hal yang dapat menyebabkan kekacauan dalam menyambut pesta demokrasi tersebut. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top