Waduh! Setelah Catut Nama Presiden, Oknum DPR juga Pengaruhi TNI AU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waduh! Setelah Catut Nama Presiden, Oknum DPR juga Pengaruhi TNI AU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – DPR benar-benar menjadi sorotan publik dalam beberapa hari ini. Setelah Menteri ESDM Sudirman Said melapor oknum yang mencatut nama Presiden dan Wapres karena meminta proyek dan saham di PT Freeport Indonesia, kini ada lagi anggota Dewan yang memengaruhi TNI AU dalam pembelian alat utama sistem persenjataan (Alutsista).

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Tubagus (TB) Hasanuddin mengungkapkan hal itu melalui pesan singkatnya, Senin (16/11). “Anggota tersebut campur tangan dalam proses pembelian alutsista atau persenjataan TNI AU,” kata Tb Hasanuddin.

“Akhir-akhir ini muncul adanya anggota DPR yang mulai ikut-ikutan campur tangan dalam proses pembelian jenis alutsista, bahkan ada yang meminta TNI AU untuk memindahkan pangkalan-pangkalan udaranya ke wilayah perbatasan,” kata Kang TB Hasanuddin.

[baca juga: Setya Novanto Buru-Buru Bantah Sebagai Pencatut Nama Presiden]

[baca juga: MKD Kantongi Pencatut Nama Jokowi-JK]

[baca juga: Dianggap Memfitnah, Fadli Zon Dukung Menteri Sudirman Dipidanakan]

[baca juga: Akhirnya, Sudirman Said Laporkan Pencatut Nama Jokowi-JK ke Mahkamah Kehormatan

Yang dilakukan oknum anggota tersebut, menurutnya tidak sesuai dengan tupoksi anggota DPR yaitu legislasi, controlling dan budgeting. Penentuan speckteck alutsista apalagi menentukan jenis dan merknya merupakan tanggung jawab user dalam hal ini adalah masing masing angkatan di TNI.

“Merekalah yang memiliki kompetensi menguji alutsista yang cocok, bukan anggota DPR yang tidak memiliki keahlian untuk itu,” katanya.

“Sama halnya juga dengan disposisi dan dislokasi pasukan atau pangkalan, biarkanlah TNI yang memutuskan berdasarkan kemampuan alutsista , ancaman dan strategi yang dipilih, saya yakin TNI akan lebih profesional dalam menentukan lokasi-lokasi pangkalannya,” katanya lagi. (fat/jpnn)

Click to comment
To Top