Andi Mattalalatta Katakan Golkar Butuh Solusi Islah untuk Redam Konflik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Andi Mattalalatta Katakan Golkar Butuh Solusi Islah untuk Redam Konflik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Konflik internal partai Golkar sepertinya belum menemukan solusi terbaik, meski sudah menempuh langkah hukum. Untuk itu, para kader menawarkan solusi islah melalui Musyawarah Nasional (Munas).

“Penyelesaian tidak akan dapat ditempuh melalui hukum, tetapi harus dilakukan secara internal Partai Golkar,” ungkap anggota Mahkamah Partai Golkar (MPG) Andi Mattalatta, anggota MPG kepada wartawan di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (16/11).

Menurut Andi, jika dilihat dari latar belakang persoalan, masalah internal Golkar tidak akan pernah selesai jika ditentukan melalui mekanisme hukum. Konflik yang ada di Partai Golkar jangan dianggap konflik hukum, atau soal kepemilikan. Maka hindari melalui pengadilan. Hasilnya nanti cuma kalah atau menang, yang kalah tersingkir, yang menang merasa Golkar cuma punya dia.

“Penyelesaian melalui hukum akan memenangkan satu pihak, tapi mengalahkan pihak lain, sehingga selalu akan ada kelompok yang merasa dirugikan,” tukasnya.

Andi juga mengutarakan, sengketa kepengurusan Partai Golkar tidak hanya dilihat sebagai perebutan legitimasi, tetapi ada sebab-sebab lain yang memicu ketidakpuasan kader. Misalnya, ada pihak yang merasa bahwa manajemen partai yang tidak aspiratif, atau adanya kepemimpinan yang tidak demokratis.

Masih menurut Andi, Munas yang nantinya akan digelar harus ada jaminan bisa menghasilkan pemimpin yang disukai, tidak seperti saat ini.

Dia mengusulkan, dalam ketentuan tata tertib Munas, harus diatur bahwa pemberian suara dilakukan secara bebas dan rahasia. Selain itu, aturan juga harus diperketat, agar kepemimpinan tidak diragukan seperti yang sebelumnya.

“Semua orang harus dianggap punya hak, jangan ada konsolidasi dengan pengurus di DPD. Kalau perlu, panitia didiskualifikasi jika terbukti memberikan dukungan di muka,” kata Andi. (aen/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top