Pemkab Makin Serius Berikan Layanan Kesehatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemkab Makin Serius Berikan Layanan Kesehatan

KUDUS, RAJA – Terwujudnya masyarakat Kudus yang semakin sejahtera benar-benar terus diupayakan serius oleh Pemerintah Kabupaten Kudus. Di bawah kepemimpinan Bupati Kudus H. Musthofa, berbagai program pro rakyat digagasnya. Dua program utama yang penting bagi masyarakat yaitu bidang pendidikan dan kesehatan.

Pada tahun anggaran 2015 dan 2016 ini, pemkab akan menambah berbagai layanan kesehatan. Seperti penambahan sejumlah 97 tempat tidur di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. Yaitu 15 unit untuk ruang high dependency nurse (HDN), unit stroke sebanyak 12 unit, dan layanan perinatologi sebanyak 20 unit.

”Termasuk untuk ruang hemodialisa sejumlah 30 unit dan pelayanan jantung dan pembuluh darah sebanyak 20 unit,” kata bupati saat menyampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Kudus atas Ranperda APBD Kab. Kudus Tahun 2016.

Penambahan ini dinilai telah cukup untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat bidang kesehatan. Apalagi secara umum di Kudus terdapat sembilan rumah sakit ditambah beberapa puskesmas yang telah memberikan pelayanan rawat inap. Diantaranya Puskesmas Jekulo, Tanjungrejo, Rejosari, Kaliwungu, dan Gribig.

Bupati menyatakan akan terus menambah pelayanan kepada masyarakat ini. Termasuk untuk rawat jalan memenuhi pelayanan pasien yang jumlahnya terus bertambah, akan segera ditambah klinik penyait dalam dan bedah urologi. Semuanya memberikan kepuasan bagi masyarakat terhadap pelayanan bidang kesehatan.

”Layanan puskesmas akan terus kami optimalkan. Termasuk puskesmas Dawe yang saat ini telah melayani rawat inap,” imbuh bupati.

Berbagai langkah telah dilakukan untuk peningkatan kualitas layanan di puskesmas Dawe. Yaitu dengan mengoptimalkan rujukan berjenjang bagi pasien. Selain itu akan terus dilakukan upaya untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan pelatihan. Yang tak kalah penting tentunya penambahan sarana dan prasarana.

Namun demikian, bupati mengharapkan masyarakat Kudus untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan baik. Yang imbasnya akan berdampak bagi kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungannya yang semakin baik. Dengan masyarakat yang sehat, Kudus akan terwujud menjadi kabupaten yang lebih baik dengan masyarakat yang semakin sejahtera. (RG)

Click to comment
To Top