Pemkab Sidrap Copot Seluruh Lampu Jalan Mercuri Agar Lebih Hemat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemkab Sidrap Copot Seluruh Lampu Jalan Mercuri Agar Lebih Hemat

FAJAR.CO.ID, SIDRAP — Lampu jalan yang ada Kota Pangkajene akan segera dicopot. Langkah ini untuk menghemat energi dan anggaran yang terpakai dari biaya penerangan menggunakan lampu jenis mercuy. Selanjutnya, pemkab akan menggantikannya dengan lampu jenis light emitting diode (LED).

Kepala Dinas Cipta Karya Sidrap, Ariyani, membenarkan program itu. Selain untuk penghematan energi, juga dimaksudkan untuk menciptakan penerangan secara merata.

“Banyak lampu jalan mercuri 500 watt sekarang terpasang. Itu sangat boros dan penerangannya tidak merata,” ujar Ariyani, Selasa, 17 November.

Kepala Bidang Kebersihan dan Keindahan, Dinas Cipta Karya Sidrap, Andi Alauddin, menambahkan, pihaknya telah menyiapkan sedikitnya 252 titik lampu jalan LED untuk itu.

“Penggunaan lampu jalan LED, diharapkan bisa menekan pembayaran penerangan jalan umum atau PJU yang dibebankan PLN kepada pemkab setiap bulannya,” kata Alauddin.

Menurutnya, program itu akan menghemat energi listrik antara 40-50 persen, sehingga setiap bulannya, pembayaran lampu jalan paling tinggi Rp450 juta per bulan. (Edy Basri/Dwiyani Prihatin)

loading...
Click to comment
To Top