Tangani Kasus Rio Capella dan OC Kaligis, Jaksa Ini Ditarik dari KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Tangani Kasus Rio Capella dan OC Kaligis, Jaksa Ini Ditarik dari KPK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kehilangan salah satu jaksa terbaiknya. Kali ini, jaksa Yudi Kristiana yang sedang menangani kasus suap ke politikus Partai NasDem, Patrice Rio Capella dan perkara OC Kaligis, ditarik oleh Kejaksaan Agung.

Lazimnya, maksimal masa kerja polisi ataupun jaksa yang ditempatkan di KPK adalah 10 tahun. Sedangkan masa kerja Yudi di KPK masih 2 tahun lagi

Namun,  pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji menyebut masa kerja jaksa yang ditempatkan di KPK tidak harus selalu sampai 10 tahun.  Menurutnya, langkah Kejagung menarik Yudi merupakan hal biasa. Selain itu, penarikan Yudi justru untuk penyegaran.

“Dan dalam rangka promosi doktor,” kata Indriyanto melalui pesan singkat, Selasa (17/11).

Anto menambahkan,  jaksa atau polisi yang sudah lebih dari 4 tahun di KPK tetap berhak mendapat promosi jabatan di instansi asalnya. “Karena kalau sudah melebihi empat tahun, kebutuhan instansi awal akan selalu menjadi prioritas bagi penempatan dan promosi yang bersangkutan,” tuturnya.

Meski demikian Indriyanto mengakui bahwa KPK tetap merasa kehilangan Yudi karena dikenal sebagai salah satu jaksa terbaik.  Isu yang berkembang, Yudi ditarik kembali ke Korps Adhiyaksa lantaran sosoknya yang terlalu berani dan tegas dalam menangani sidang perkara korupsi.

Puncaknya adalah saat Yudi menjadi salah satu jaksa penuntut umum (JPU) dalam perkara suap OC Kaligis. Di persidangan, beberapa kali Yudi dan Kaligis berdebat di hadapan majelis hakim.

Namun, Anto membantah anggapan bahwa Yudi ditarik karena kasus Kaligis. “Sama sekali tidak ada kaitannya. Semua JPU KPK saya anggap tegas dan berani serta lurus-lurus saja,” tegasnya. (put/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top