Australia Diminta Perbaiki Pendidikan Matematika – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Australia Diminta Perbaiki Pendidikan Matematika

FAJAR.CO.ID, MOSKOW – Perekrut kosmonot Rusia menilai Australia perlu memperbaiki pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan jika ingin lebih banyak terlibat dalam misi antariksa internasional.

Professor Alexey Akulov adalah salah satu pejabat penting antariksa Rusia dan bertugas menyeleksi dan melatih para kosmonot untuk lembaga antariksanya – Pusat Riset dan Pelatihan Pengujian Kosmonot  Yuri Gagarin, Rusia.
Dia berada di Adelaide untuk memberikan kuliah bersama kosmonot pilot Sergey Treshcheov dan mengatakan kalau  Australia bisa memainkan peran yang lebih besar dibidang antariksa jika berhenti menyepelekan bidang studi matematika.
“Bidang studi matematika tampaknya sedikit disepelekan dan tidak dianggap penting di Australia. Sementara matematika di Rusia masih menjadi bidang studi   nomor satu. Kami bertemu dengan anak-anak di dua sekolah di Adelaide dan persepsi dan sikap mereka mengenai matematika tampaknya bukan pelajaran yang utama” kata  Professor Akulov.
Rusia saat ini tengah melakukan perekrutan kosmonot untuk ambil bagian dalam misi antariksa ke bulan yang sedang diusulkan pada tahun 2027.
Akulov mengatakan Russia sudah terwakili dalam semua segmen dari eksplorasi antariksa dan saat ini semua terserah pada Australia.
“Australia bisa selalu bergabung dalam misi internasional ini, dan tentu saja akan bisa bekerjasama dengan Rusia,’ katanya.
“Jika Australia memutuskan kalah hal teknis terutama pendidikan matematika merupakan bidang ilmu yang sangat penting dan akan membangun sistem pendidikannya pada matematika dan latar belakang ilmu yang bersifat logika maka Australia akan memiliki peluang untuk bergabung,”
Profesor Akulov mengatakan kosmonot dan astronot masa depan harus memiliki kemampuan intelektual yang dahsyat dan penuh tata krama.
Dia mengatakan kebanyakan orang yang pergi ke ruang angkasa memiliki latar belakang kemampuan matematika dan ilmu pengetahuan serta secara mental harus benar-benar “sangat cerdas dan tangguh”.
Pemikiran umum orang adalah kosmonot  merupakan orang-orang yang sangat sehat, tetapi yang paling penting adalah kekuatan mental yang setiap dari kita sebenarnya masing-masing dari kita memilikinya,’ kata Profesor Akulov.
“Kekuatan fisik sebenarnya merupakan komponen minor menjadi kosmonot yang baik.
“Terlalu banyak orang yang kuat secara fisik pergi ke gym dan olahraga tapi dari mereka, 99 persennya  tidak akan mampu menjadi kosmonot dan astronot.”
Profesor Akulov memiliki pesan untuk semua manusia terlepas mereka punya ambisi atau tidak untuk pergi ke luar angkasa.
“Orang harus pergi ke luar angkasa dan belajar bagaimana menghadapi satu sama lainnya di dunia. Semua orang harus merasakan dirinya sendiri sebagai bagian dari seluruh komunitas dunia, karena dari luar angkasa, kita tidak melihat ada satupun batas,” katanya.
Click to comment
To Top